Banjarmasin (ANTARA) - Puluhan siswa SMK Negeri 1 Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalsel, punya cara untuk membantu mengatasi penyebaran virus Corona atau COVID-19 di 'Bumi Saraba Kawa' ini salah satunya dengan memproduksi masker sendiri.

"Ada 680 lembar masker buatan siswa jurusan Tata Busana dan kami sumbangkan ke rumah sakit dan Dinas Kesehatan," ucap Kepala SMK Negeri 1 Tanjung Lis Sulastri di Tanjung, Senin.

Dikatakanya, mereka memproduksi masker sendiri dan hasilnya disumbang para siswa itu ke rumah sakit dan ke pihak Dinas Kesehatan setempat.

Masker buatan siswa ini merupakan tugas pembelajaran secara online dan mereka membuatnya di rumah masing-masing.

Ada 68 siswa yang terlibat membuat masker dari bahan kain perca dengan dipandu guru Tata Busana melalui video tutorial.

Lis juga mengatakan tiap siswa membuat 10 masker kain dan kini 500 masker sudah didistribusikan ke RSUD H Badaruddin Kasim Tanjung dan Dinas Kesehatan setempat.

"Kami akan terus memproduksi masker kain yang nantinya untuk dibagi-bagikan ke masyarakat," ujar Lis.

Dia terus mengatakan, hal ini dilakukan sebagai dukungan para siswa dan sekolah dalam mengatasi penyebaran virus corona dengan menyediakan masker pelindung.

"Saat ini kita lihat betapa langkanya masker pelindung baik di apotek, puskesmas maupun rumah sakit, maka dengan ada pembuatan masker oleh siswa sedikit banyak bisa membatu pemerintah setempat," tuturnya.
 

Pewarta : Gunawan Wibisono/Herlina Lasmianti
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024