Timika (ANTARA) - Ribuan umat Katolik di Timika, Papua, yang mengikuti perayaan misa Kamis Putih melalui jaringan video streaming, diajak mendoakan para 'pahlawan' yang tengah berjuang mengobati para pasien tertular COVID-19 di berbagai fasilitas kesehatan seperti dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

Ajakan doa itu disampaikan oleh Pastor Darius Kuntara OFM saat memimpin perayaan misa Kamis Putih di Gereja Katolik Paroki Santo Stefanus Sempan Timika pada Kamis malam.

Perayaan Kamis Putih menjadi salah satu bagian terpenting dalam lingkaran Pekan Suci dalam tradisi Gereja Katolik sebagai peristiwa mengenang Yesus Kristus atau Isa Almasih melakukan perjamuan terakhir serta membasuh kaki murid-muridnya.

"Mari kita berdoa bagi semua orang yang membantu kita melawan pandemi wabah COVID-19. Ketika banyak orang dirumahkan dan melakukan pekerjaan dari rumah, ada sekian ratus orang bahkan sekian ribu orang yang memberikan hati dan dirinya untuk tetap bekerja, melayani pengobatan para pasien di rumah-rumah sakit," ujar Pastor Darius.

Menurut dia, para tenaga kesehatan itu rela membaktikan diri dan hidupnya untuk menyelamatkan sesama yang terinfeksi COVID-19 sekalipun dengan risiko besar mereka juga bisa tertular virus ganas yang sangat mematikan itu.

Selain itu, Pastor Darius juga mengajak umat Katolik setempat mendoakan para pemimpin negara, pemimpin Indonesia mulai dari pusat sampai di daerah yang memegang kebijakan dalam hal penganggaran.

"Semoga para pemimpin kita mulai dari aras nasional hingga di daerah tetap memberikan hati dan dirinya untuk membongkar pasang anggaran yang sudah disusun demi penanganan COVID-19. Kita semua memberikan dukungan penuh dan mendoakan mereka," ujarnya.

Tidak lupa, Pastor Darius juga mengajak umat Katolik Timika mendoakan para kepala dinas kesehatan, Tim Satgas Penanganan COVID-19 di berbagai daerah di tanah air yang sedang bekerja bersama seluruh elemen dan aparat terkait untuk melakukan pencarian kontak semua orang yang dipantau terjangkit wabah pandemi COVID-19.

"Mereka tidak pernah lelah untuk menyerukan social distancing dan physical distancing serta stay at home kepada warga masyarakat. Mari kita mendoakan mereka semua agar tetap sehat, kuat, dan bersemangat," ajak Pastor Darius.

Sebagaimana perayaan misa Minggu Palma pada Minggu (5/4), perayaan misa Kamis Putih di sejumlah Gereja Katolik di Kota Timika juga tidak dihadiri oleh umat.
Meski demikian, umat Katolik dapat mengikuti perayaan tersebut melalui media video streaming dari rumah masing-masing.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada perayaan misa Kamis Putih tahun ini tidak dilakukan prosesi pembasuhan kaki para tokoh umat Katolik yang biasanya dilakukan oleh pastor atau imam.

Hingga Kamis ini, jumlah warga Mimika yang positif tertular COVID-19 sebanyak 13 orang, tiga di antaranya telah meninggal dunia.

Adapun jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 48 orang, dimana 19 orang di antaranya kini tengah menjalani perawatan di RSUD Mimika sebanyak 13 orang, satu pasien di RSMM Timika, lima pasien di RS Tembagapura. Sementara 29 pasien lainnya melakukan isolasi mandiri.
 

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024