Paringin (ANTARA) - Produk pintu rumah otomatis dengan sidik jari hasil karya siswa jurusan teknik instalasi tenaga listrik SMK Negeri 1 Paringin, Kabupaten Balangan, menangi Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional yang dilaksanakan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Ketua tim pembuatan pintu otomatis, Misransyah di Paringin, Ahad, mengatakan pintu rumah akan terbuka otomatis dengan identifikasi sidik jari pemilik atau orang lain yang telah didaftarkan dalam mesin sidik jari.

"Jika ada orang asing maka alarm pintu akan bunyi dan sms akan terkirim ke ponsel pemilik rumah," kata Misransyah.

Produk pintu rumah otomatis dengan sidik jari hasil karya Misransyah dan Agung Heru ini meraih predikat terbaik dengan nilai kumulatif 586.

Sebelumnya tim listrik SMK Negeri 1 Paringin ini menyampaikan presentasi secara daring (online) untuk menjaga jarak fisik aman karena wabah Virus Corona, namun tidak mengurangi standar penilaian tim juri.

Pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional, tim listrik asal 'Bumi Sanggam' ini, juga mengirimkan karya berupa produk lampu teras otomatis dan berhasil meraih posisi kedua dengan nilai 570.

Produk lampu teras otomatis karya M Alif Kasyafi dan M Alpin Faiz akan redup jika tidak ada orang dan menyala terang saat ada orang.

Guru Pembimbing Tim Listrik SMK Negeri 1 Paringin Izzudin Syarif mengatakan sebelumnya karya ilmiah Alif dan Alpin berhasil membawa harum nama sekolah di LKTI tingkat Provinsi Kalsel yang dilaksanakan Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin Februari 2020.*

Pewarta : Ulul Maskuriah/Herlina Lasmianti
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024