Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI Satuan tugas Pamtas Yonif 411/PDW menggelar kegiatan pengobatan Posyandu bulanan danmemberikan layanan kesehatan bagi warga perbatasan RI-PNG di RT 03 Yakyu, Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke pada Kamis (23/4).

Pada kegiatan tersebut tujuh orang personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411/PDW Pos Yakyu yang dipimpin Dantonkes Satgas Letda Ckm Iwan Debri Setiawan membantu Puskesmas Sota dan Pustu Rawa Biru melaksanakan kegiatan Posyandu bulanan di RT 03 Yakyu Kampung Rawabiru 

Dantonkes Satgas Letda Ckm Iwan Debri Setiawan mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan tumbuh kembang balita dan pemeriksaan ibu hamil.

“Tujuan Posyandu adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan balitanya serta tumbuh kembang anaknya, selain itu juga untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil dan janin didalam kandungannya,"katanya.

Melalui Posyandu, lanjutnya, diharapkan dapat mengetahui pemkembangan anak-anak, kita juga melakukan penimbangan, ukur tinggi badan, pemberian Vitamin A, imunisasi, layanan KB, Antenatal Care bagi ibu hamil, pencegahan diare.

Sedangkan kegiatan lain, menurut Letda CKM Iwan Debri, adanya sosialisasi tentang kesehatan dan tidak lupa himbauan tentang menjaga pola hidup bersih dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19.

Dantonkes juga menambahkan bahwa kegiatan Posyandu ini bukan hanya di RT 03 Yakyu Kampung Rawa Biru saja, tetapi juga di daerah sekitar pos-pos Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 411/PDW.

Dimana hal ini juga merupakan wujud sinergitas antara TNI dengan instansi kesehatan setempat, guna memastikan pertumbuhan balita serta ibu hamil selalu terpantau kondisi kesehatannnya.

"Tak hanya Posyandu dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelayanan pengobatan bagi warga masyarakat RT 03 Yakyu yang mempunyai keluhan sakit, serta pemberian makanan tambahan (PMT) sebagai asupan gizi bagi balita, karena balita di RT 03 Yakyu harus selalu mendapat asupan vitamin dan gizi tambahan,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sota Ibu Merry S Gebze yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut, mengucapkan terima kasih atas bantuan dari prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad yang selalu hadir dalam setiap penyelenggaraan Posyandu di RT 03 Yakyu, Kampung Rawa Biru.

"Hadirnya bapak TNI dari Pos Yakyu, tentunya membuat petugas Puskesmas terbantu dalam melaksanakan kegiatan Posyandu dan memberikan layanan kesehatan bagi warga," tuturnya.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024