Makassar (ANTARA) - Kabar bauk, sebanyak enam orang kru KM Lambelu dinyatakan sembuh dari Coronavirus Disease (COVID) setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar, Sulawesi Selatan.

"Manajemen mengucapkan terima kasih kepada tim medis RSKD Dadi yang telah merawat seluruh kru KM Lambelu. Kami saat ini masih memantau perkembangan kesehatan dan menunggu hasil pemeriksaan swab 19 kru lainnya yang masih mendapatkan perawatan di Rumah Sakit ini," ujar Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni, Yahya Kuncoro di Makassar, Senin.

Ia menyampaikan enam kru tersebut telah dijemput oleh perwakilan Pelni di Makassar dan melakukan proses kepulangan menuju Jakarta, setelah hasil pemeriksaan swab yang dilakukan sebanyak dua kali berturut-turut menunjukkan hasil negatif.

Oleh karena itu pihaknya, akan terus memantau perkembangan dua kru KM Lambelu yang sedang dalam perawatan di dua Rumah Sakit lainnya, yakni RSUP Wahidin Sudirohusodo dan RSUD Daya.

"Manajemen akan terus mengawasi dan memperhatikan perkembangan kesehatan seluruh kru, baik yang sudah dinyatakan sembuh maupun yang kini masih dalam masa pemulihan," kata dia melalui siaran persnya.

Selain itu pemeriksaan swab juga dilakukan terhadap 66 kru KM Lambelu yang menjalani masa isolasi di atas kapal. Berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang kedua, 43 kru dinyatakan negatif COVID-19.

Yahya menerangkan, kru tersebut akan melakukan pemeriksaan swab kembali untuk memastikan benar-benar telah negatif dari paparan virus tersebut. Sedangkan untuk 23 kru kapal yang masih menunjukkan hasil positif akan kembali dilakukan pemeriksaan swab.

"Kami pastikan seluruh kru mendapatkan perhatian dan dukungan yang diperlukan dari Manajemen serta pihak-pihak terkait untuk pemulihan di masa pandemi ini," katanya.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024