Jayapura (ANTARA) - Kapolres Asmat AKBP Andi Yoseph Enoch bersama Perwira Penghubung 1707/Merauke Mayor Inf Komaruddin mendampangi Bupati Asmat Elisa Kambu saat melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Distrik Suator, Kabupaten Asmat, Papua. 

"Kunker ini untuk mengimbau kepada masyarakat terkait penanggulangan dan pencegahan virus corona," kata AKBP Andi dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kota Jayapura, Senin.

Menurut dia, dalam kesempatan itu Kapolres Asmat mengajak warga Suator untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah di sampaikan oleh Tim Satgas Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Asmat karena penyebaran corona sifatnya cepat menular apabila  bersentuhan langsung dengan orang yang dinyatakan positif. 

"Untuk mencegah dan bebas dari virus ini kita harus rajin mencuci tangan, jaga kebersihan lingkungan sekitar, makan makanan yang betul-betul masak, jaga jarak dari kerumunan atau tempat keramaian, tetap menggunakan masker saat berada di luar rumah dan biar tetap sehat juga terbebas dari COVID-19 tetaplah berdiam diri di dalam rumah," katanya. 

Pada momentum itu, AKBP Andi juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh berita yang tidak benar.

"Apabila ada berita yang belum tentu benar harus betul-betul mengecek kebenarannya sehingga tidak ikut menyebarkan berita bohong tersebut," kata AKBP Andi.

Sementara itu, Bupati Asmat Elisa Kambu menyampaikan kepada masyarakat dan Tripka di Distrik Suator untuk tidak menerima masuknya warga dari luar Kabupaten Asmat selama masa pandemi COVID-19. 

"Dengan menutup ruang akses orang yang datang dari luar Asmat, maka  Asmat tetap aman dari corona.  Untuk sementara status kami Kabupaten Asmat masih siaga dan masih menjadi wilayah dalam Zona hijau," katanya.

"Maka dengan itu, Tim Satgas Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Asmat bersama TNI/Polri setempat akan terus memantau dan mencegah serta menangani dengan cepat apabila ada Masyarakat yang terindikasi dampak dari corona di Kabupaten Asmat. Semoga Asmat dengan 24 Distrik dan 224 Kampung tetap menjadi wilayah yang bebas dari COVID-19," kata Elisa Kambu

Setelah menyampaikan himbauan, Bupati Asmat Elisa Kambu dan Kapolres Asmat AKBP Andi serta Perwira Penghubung 1707/Merauke di Agats dan rombongan membagikan masker gratis kepada masyarakat di Distrik Suator.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024