Jayapura (ANTARA) - Aparat Kepolisian Daerah (Polda) Papua diminta membantu Pemerintah Provinsi Papua untuk gencar melaksanakan sosialisasi 'social distancing dan physical distancing' serta penggunaan masker kepada warga guna pencegahan virus corona (COVID-19).

Permintaan ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Roby Kayame kepada Kapolda Papua Ijen Pol Paulus Waterpauw dan jajarannya di Kota Jayapura.

"Penanganan COVID-19 di Papua sudah berjalan seperti yang kami harapkan. Tapi kami harapkan dari Kapolda dan jajaran dapat membantu mengingatkan masyarakat untuk tinggal di rumah dan selalu menggunakan masker supaya kita cepat memutus mata rantai penyebaran virus ini," katanya di Jayapura, Selasa.

Roby juga mengapresiasi upaya dari Polda Papua dalam penanggulangan dan pencegahan virus corona dengan membuat tim dan menyediakan RS Bhayangkara untuk menjadi rumah sakit rujukan penanganan pasien COVID-19.

"Saya juga ucapkan terima kasi kepada bapak Kapolda Papua yang sempatkan diri datang ke Posko COVID-19 di Dinkes Papua untuk melihat dari dekat kendala dan kesiapan di posko," kata Roby.

Berkaitan dengan  permintaan tersebut, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan jajaranya di lapangan selalu siap sedia dalam penanggulangan dan pencegahan virus corona, apalagi hal itu telah menjadi pandemi dan perhatian dari pimpinan Polri dan negara.

"Kita akan bersinergi memberikan bantuan yang diperlukan baik itu sarana ataupun tenaga kepada posko COVID-19 yang di pusat provinsi maupun yang ada di beberapa kabupaten/kota di wilayah Papua," katanya. 

"Kita berdoa bersama agar hasil pekerjaan yang luar biasa ini mendapatkan hasil yang maksimal sehingga pada puncaknya virus ini tidak meningkat,"ujarnya.

Kapolda Papua menghimbau kepada semua pihak yang pernah kontak kepada pasien positif agar melapor diri kepada tim gugus tugas supaya menadapat penanganan segera.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024