Jayapura (ANTARA) - Bank Indonesia Perwakilan Papua, Selasa (12/5) menandatangani kerjasama dengan PT. Semuwa Aviasi Mandiri Air (SAM) guna membantu mendistribusikan uang ke 29 kabupaten/Kota di wilayah Timur Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Penandatanganan kerjasama dilakukan Kepala BI Papua Naek Tigor Sinaga dengan Direktur PT. SAM Air Wagus Hidayat disaksikan Dan Lanud Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo dan pejabat di lingkungan  Bandara Sentani Jayapura.
 
Kepala BI Papua Naek  Tigor Sinaga seusai penandatanganan kerjasama mengatakan, total kebutuhan uang tunai seluruh kas titipan di wilayah Papua dalam menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H adalah sebesar Rp 655 Miliar. 
 
Dana tersebut tidak bisa disebarkan ke sejumlah bank yang juga berfungsi sebagai kas titipan animation terbatasnya sarana angkut dimasa pandemi virus corona. 
 
"Karena itulah agar pelayanan akan kebutuhan uang total terpenuhi di masyarakat sehingga BI mengandeng PT. SAM Air untuk mendistribusikannya ke tujuh daerah yang memiliki kas titipan,"kata Sinaga.

Ia menjelaskan, dalam kerjasama tersebut BI hanya membayar satu kali penerbangan untuk dua kali penerbangan yang dilakukan SAM Air.
 
Tujuh kas titipan itu yang berada di Papua yaitu Biak, Wamena, Merauke, Timika, Nabire dan Serui. Sedangkan di Papua Barat, kas titipan berada di Sorong.
 
Berdasarkan data Bank Indonesia perwakilan Provinsi Papua menyiapkan uang tunai Rp 6,1 triliun untuk kebutuhan masyarakat dalam menghadapi kebutuhan lebaran Idul Fitri 1441 H.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024