Jayapura (ANTARA) - Dapur Umum Polresta Jayapura Kota di lapangan voli Kompleks Aspol Kloofkam, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, menyajikan makanan untuk warga kota setempat di tengah pandemi virus corona.

"Sebagai salah satu wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat yang terdampak pandemi corona, kami membuat dapur umum untuk membantu warga. Hari pertama (Jumat, 15/5), kami sajikan 300 bungkus makanan siap saji yang dibagikan kepada warga, keluarga purnawirawan Polri dan warakawuri yang berada di lingkungan Aspol Kloofkam," kata Kapolrestra Jayapura AKBP Gustav R Urbinas di Kota Jayapura, Sabtu.

Selain membagikan makanan siap saji, kata dia, personel Polresta Jayapura Kota juga menyampaikan soal pembatasan aktivitas dari pukul 14.00 WIT hingga 06.00 WIT, sebagaimana surat edaran Gubernur Provinsi Papua guna pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Makanan siap saji ini juga akan diberikan secara berkesinambungan sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat. Dapur umum yang kami laksanakan ini melibatkan semua Polwan untuk memasak dan membagikan kepada masyarakat yang dibantu oleh Bhabinkamtibmas," katanya.

Sementara mengenai penyaluran bantuan 150 paket sembako bersama Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati, kata dia, sudah dilaksanakan bersamaan dengan Gerakan Bhakti Sosial Polri peduli COVID-19.

"Penyaluran 150 paket sembako itu, hanya kami fokuskan untuk para pedagang keliling serta para penjaga rumah ibadah, baik gereja dan masjid serta Imam masjid yang ada di Kota Jayapura," katanya.

Ia mengklaim penyaluran itu berjalan lancar, yang disebar di Distrik Muara Tami, Distrik Abepura, Distrik Heram, Distrik Jayapura Utara, dan Jayapura Selatan.

"Saya salurkan 53 paket bagi forum komunikasi Imam dan Da’i Kota Jayapura, Pak Wakapolresta Kompol Heru Hidayanto, bagikan 20 paket kepada pedagang keliling di wilayah Jayapura Utara sementara sisanya diserahkan oleh para Kapolsek dan Kapolsubsektor bagi para penjaga tempat ibadah masjid dan gereja secara mereta,” kata AKBP Gustav

Sementara itu, dapur umum Polri dan TNI yang dipusatkan di lapangan tenis markas Polda Papua Kota Jayapura sejak Jumat (15/05) telah menyediakan dan membagikan takjil 500 bungkus/gelas atau makanan berbuka puasa kepada warga muslim yang terdampak corona.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal secara terpisah mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polri dan TNI di Papua terutama kepada masyarakat dan pedagang kecil yang ada di Kota Jayapura, yang mana akibat dari COVID-19 ini banyak pedagang kecil yang tutup jualannya atau pendapatannya mengalami penurunan.

"Sehingga, dengan adanya pembagian takjil berbuka puasa ini diharapkan bisa mengurangi beban saudara kita yang terdampak oleh corona," kata Kamal.

Brigpol Nono Jumeno selaku Kepala tim juru masak dapur lapangan mengatakan bahwa untuk hari ini dapur lapangan Polri dan TNI menyiapkan kurang lebih 500 gelas takjil berbuka puasa.

"Hari ini kita memasak kolak Ubi yang mana sasarannya kita khususkan kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa, tapi juga kami sentuh masyarakat lapisan pinggiran yang terdampak virus corona," katanya.

Sejalan dengan pemberian takjil, kata dia, personel lapangan yang bertugas juga menyosialisasikan anjuran pemerintah terkait pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona kepada warga di Kota Jayapura.

"Selain membagikan takjil berbuka puasa, rekan kami dari Direktorat Binmas Polda Papua juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar membiasakan hidup sehat dengan mencuci tangan pakai sabun, memakai masker serta menjaga jarak atau social distancing, sehingga dapat mencegah penularan virus corona," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024