Jayapura (ANTARA) - Dandim 1714/PJ Letkol Inf Agus Sunaryo bersama dengan Bupati Kabupaten Puncak Jaya Yuni Wonda memberikan bantuan paket sembako kepada warga dan sosialisasi pencegahan virus corona (COVID-19) di tiga distrik.

Penerangan Korem 173/PVB Biak melaporkan, penyerahan bantuan sembako di tiga distrik di antaranya Distrik Fawi, Distrik Torere dan Distrik Dagai yang merupakan Distrik terluar dari Kabupaten Puncak Jaya yang berbatasan langsung dengan dua kabupaten yaitu kabupaten Mambramo dan Kabupaten Puncak.

Bupati Puncak Jaya  Yuni Wonda, kedatangan bersama rombongan Forkompinda dalam rangka mensosialisasikan penanganan dan tata cara  pencegahan virus corona serta memberikan bantuan sembako pada masyarakat.

Ia mengingatkan, virus corona bukan saja ada di Papua atau khusus di Puncak Jaya tetapi telah melanda seluruh negara di dunia.

"untuk itu pemerintah daerah bersama Muspida, Dandim, Kapolres Ketua DPRD kita telah mengambil keputusan untuk karantina wilayah semenjak tanggal 23 Maret 2020, dan di perpanjang sampai saat ini sudah kurang lebih delapan minggu. Kita juga telah melakukan sosialisasi yang melibatkan semua elemen terkait tidak hanya TNI-Polri telah memberikan bantuan sembako tahap ke-4,"ujarnya.

Bupati Yuni Wonda meminta masyarakat  tetap waspada dan selalau melaksanakan aturan penanganan protokol kesehatan wabah virus corona, yakni harus rajin mencuci tangan, selalu menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan orang.

Bupati juga menyampaikan kita telah meliburkan sekolah-sekolah, dan ASN bekerja dari rumah, dan kita telah mengevaluasi untuk membuka akses penerbangan hanya khusus untuk barang, sedangkan untuk orang masih belum bisa.

Sementara itu, Dandim 1714/PJ Letkol Inf Agus Sunaryo menambahkan sampai saat ini belum ada vaksin untuk obat Virus Corona sehingga yang harus dilaksanakan seluruh warga agar tidak saling menularkan adalah dengan menjalankan tata cara penanganan yang telah disampaikan Bupati Yuni Wonda.

Pemerintah dalam hal ini Bupati bersama Forkompindahadir disini, menurut Dandim, untuk menyerahkan bantuan sembako merupakan wujud kepedulian kepada masyarakat yang selama ini sudah taat kepada aturan yang telah ditetapkan tentang social distancing dan pysical distancing.

"Protokol kesehatan yaitu menghindari kerumunan guna memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19 khususnya di Kabupaten Puncak Jaya dan yang paling utama adalah dengan tetap menjaga dan menciptakan situasi aman dan kondusif khususnya di Distrik Fawi, Distrik Torere dan Distrik Dagai,"pesan Dandim Letkol Agus Sunaryo.

Pemberian bantuan sembako dilakukan secara simbolis kepada perwakilan dari tiga distrik diserahkan Bupati Yuni Wonda, Dandim Letkol Inf Agus Sunaryo serta Kapolores Puncak Jaya.


 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024