Jayapura (ANTARA) - Petugas kebersihan di Kota Jayapura menerima bantuan sembako dari PT Bank Central Asia (BCA) sebagai bagian dari komitmen perbankan nasional untuk berkesinambungan berkontribusi dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19.

Kepala Pendukung Operasi KCU BCA Jayapura Ni Made Suwardani, mengatakan bantuan sembako itu diberikan kepada perwakilan petugas kebersihan area Jayapura Elia Womsiwor dan Yoseph Rumbewas di Kota Jayapura.

Bantuan sembako diserahkan kepada perwakilan petugas kebersihan di Kota Jayapura, saya didampingi oleh Kepala Bagian APK KCU Jayapura Fadly Kawatudi di TPS Dok 5, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura Jayapura, ujar Ni Made Suwardani dalam keterangan pers diterima di Jayapura, Rabu.

Ia mengungkapkan PT BCA telah memberikan donasi ke sejumlah rumah sakit rujukan/fasilitas kesehatan, pemerintah dan berbagai lembaga/organisasi independen lainnya beberapa waktu lalu dengan total nilai donasi lebih dari Rp13 miliar.

"Kini sebagai bentuk empati dan solidaritas bagi masyarakat yang secara khusus terkena dampak ekonomi dari pandemi ini, Insan BCA (karyawan) dan Bakti BCA menginisiasi penggalangan dana secara internal yang dikumpulkan dari bulan April-Mei dan berhasil mengumpulkan dana donasi sebesar Rp1 milyar," katanya.

Di antara donasi inilah yang diberikan secara simbolis perwakilan petugas kebersihan area Jayapura Elia Womsiwor dan Yoseph Rumbewas, yang pada intinya ingin membantu warga ditengah pandemi corona.

“Insan BCA di seluruh Indonesia bersama dengan Bakti BCA mengumpulkan dana dalam rangka memberikan sebagian rezekinya berupa sembako yang disalurkan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19," kataya.

"Dan Sebagai salah satu institusi keuangan di Indonesia, BCA bertekad untuk terus berjuang bersama pemerintah, tim medis, dan masyarakat Indonesia dalam menghadapi pandemi COVID-19. Momen ini merupakan hal yang baik bagi karyawan dan masyarakat sekitar,” ujar Ni Made Suwardani.

Lebih lanjut dikatan Ni Made, dana yang terkumpul sebesar Rp1 milyar dikonversikan menjadi 10.000 paket sembako berisikan bahan-bahan makanan pokok seperti beras, mie instan, kecap, minyak goreng, kornet, sarden dan tidak ketinggalan alat kebersihan diri seperti sabun dan masker kain.

Paket tentunya dikemas secara menarik dalam satu 'goodie bag' atau bungkusan yang juga berisikan materi edukasi infografis tindakan pencegahan COVID-19 dan akan dibagikan secara bertahap ke-12 Kantor Wilayah BCA yang tersebar di seluruh Indonesia serta KCU Aceh dan KCU Jayapura, dengan memperhatikan berbagai aspek protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan WHO.

“Kami berharap bantuan ini memberikan hal positif bagi masyarakat yang terdampak COVID-19, terutama dalam meringankan beban ekonomi mereka. BCA berupaya agar penyaluran donasi dapat merata ke seluruh Indonesia. Kami meyakini bahwa langkah kecil yang kami lakukan dalam upaya penanggulangan COVID-19 berdampak besar bagi percepatan pemulihan negara ini, salah satunya wilayah Jayapura,” kata Ni Made Suwardani.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024