Timika (ANTARA) - Komandan Korem 174 Anim Ti Waninggap Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko mengajak warga Kabupaten Mimika agar ikut menjaga stabilitas keamanan di wilayah itu sebagai unsur terpenting dalam menjaga keberlangsungan pembangunan daerah.

"Mudah-mudahan seluruh masyarakat Mimika bisa menjaga kondisi stabilitas wilayah. Dengan stabilitas wilayah yang kondusif tentu merupakan peluang yang tepat untuk membangun daerah ke arah yang lebih baik," kata Brigjen Nawoko di Timika, Selasa.

Brigjen Bangun Nawoko menjabat Danrem 174 ATW Merauke sejak 9 April 2020 menggantikan Brigjen Agus Abdurrauf.

Danrem menegaskan tidak ada hal istimewa yang dipersiapkan oleh jajaran TNI di wilayahnya menghadapi tanggal 1 Juli yang diperingati sebagai HUT TPN-OPM oleh sebagian kelompok warga Papua.

"Bagi kita semua 1 Juli itu diperingati sebagai Hari Bhayangkara. Saya kira kesiapan kita biasa-biasa saja. Sampai sekarang kami belum memonitor ada sesuatu terkait dengan 1 Juli itu," kata Brigjen Nawoko.

Dalam kunjungan kerja perdana di Kabupaten Mimika, pada Selasa siang, Danrem Merauke memberikan pengarahan kepada 151 prajurit TNI AD di wilayah Mimika yaitu
Kodim 1710/Mimika, Denkav 3/Srigala Ceta, Benglap XVII/3-2 Timika, Tebbek, Rumkitban 17.08.02 Timika, Subdenpom XVII/C Mimika dan Kipan A Yonif 757/GV.

Danrem Merauke menegaskan peran dan tugas seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) sangat penting dan strategis sebagai ujung tombak satuan teritorial.

"Seluruh prajurit wajib bersinergi dengan semua komponen masyarakat yang ada di wilayahnya dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Setiap prajurit wajib menjaga kehormatan diri baik di kehidupan militer maupun di kehidupan di lingkungan masyarakat sekitar," pinta Brigjen Nawoko.

Danrem juga memperingatkan agar prajurit TNI AD di Mimika harus selalu membangun sinergitas dengan semua unsur terkait.

Karena itu, katanya, tidak boleh ada konflik antara prajurit TNI AD dengan anggota Polri maupun dengan masyarakat dan pemerintah daerah.

"Jangan menciptakan instabilitas keamanan akibat ulah yang tidak bertanggung jawab. Jaga sinergitas dengan Polri, hilangkan pikiran negatif dalam berhubungan," ujar Brigjen Nawoko.
  Komandan Korem 174 Anim Ti Waninggap Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko memberikan salam kepada para prajurit TNI AD yang bertugas di wilayah Kabupaten Mimika, Selasa (30/6/2020). (ANTARA/Evarianus Supar)
Dalam kunjungan perdana di Mimika, Danrem Merauke akan melakukan kegiatan kunjungan silaturahim ke satuan-satuan lainnya seperti Polres Mimika, Lanal Timika, Lanud Yohanes Kapiyau Timika, Kogabwilhan III, Pemkab Mimika dan para tokoh masyarakat setempat.

 

 

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024