Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI Satuan Tugas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509/Kostrad Pos Ubrub mengajarkan warga dusun batu pecah Kampung Umuaf Kabupaten Keerom, Papua untuk membuka kolam ikan lele disekitar rumah.

Danpos Ubrub Satgas Yonif Raider 509/Kostrad Kapten Inf Abdul Katrup Syaefudin mengatakan, edukasi pembukaan lahan kolam ikan lele yang berada disekitar rumah warga tersebut merupakan salah satu upaya dalam rangka menjaga ketahanan pangan ditengah kondisi wabah COVID-19.

"Sekaligus memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk membudidayakan ikan lele,"ujarnya.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Sertu Kasmirudin bersama 5 personel Pos Ubrub, Hal ini sebagai kegiatan yang dilaksanakan disela kegiatan tugas menjaga perbatasan RI-PNG.
 
"Mulai dari masuk daerah penugasan sampai dengan saat ini kami selalu berusaha membantu warga untuk meningkatkan hasil produksi pertanian baik sayuran maupun ikan", tegas Danpos Ubrub.

Rencananya kolam tersebut akan diisi ikan lele, bibit ikan lele tersebut dibeli di daerah Arso/koya, sedangkan untuk pakan ikan tersebut akan menggunakan lumut dan tumbuhan serta cacing yang ada disekitar pos.

Sementara itu,  Dansatgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Wira Muharromah mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk menciptakan ketahanan pangan warga  dit batas RI-PNG.

Karena saat ini, lanjut Dansatgas, sedang dilakukan pembatasan berbagai kegiatan akibat dari penyebaran virus Corona dan pembatasan tersebut sebagai upaya untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 Virus.

"Dengan adanya kegiatan tersebut kami berharap para warga tidak perlu ke pasar dan beli diluar makanya kita memanfaatkan lahan yang ada selain untuk ketahanan pangan juga untuk menambah gizi masyarakat,”harap Dansatgas melalui keterangan tertulis Penerangan Kodam XVII/ Cenderawasih.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024