Sentani, Jayapura (ANTARA) - Kluster pengawasan yang terdiri dari tim promosi kesehatan, tim survailens, desinfektan, isolasi diri melalui karantina rumah terus melakukan berbagai kegiatan di tengah masyarakat untuk menekan penyebaran  COVID-19. 

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, dari beberapa tim tugas dari kluster pencegahan ini rutin turun kelapangan untuk melaksanakan upaya upaya pencegahan sesuai dengan tugas masing-masing.

"Kluster pengawasan yang terdiri dari tim promosi kesehatan, tim Survailens, tim desinfeksi, tim isolasi diri melalui karantina rumah. Jadi mereka sudah mempunyai tugas dan fungsi masing-masing dalam hal penanganan COVID-19," kata Khairul Lie saat dihubungi, Selasa (21/7).

Dia menjelaskan misalnya untuk kegiatan tim promosi kesehatan, kegiatan hari Senin tanggal 20 Juli, melaksanakan kegiatan edukasi protokol kesehatan di 4 titik yaitu dermaga kalkote, dermaga Yahim, pasar pharaa, dan pertigaan tabita.

Kemudian di hari yang sama tim surveilans melaksanakan pemantauan kontak erat, dan masyarakat yang masuk ke Kabupaten Jayapura melalui data KKP.

Selanjutnya melaksanakan tracing kontak erat pasien positif COVID-19 di beberapa lokasi pasien positif virus Corona yang  telah diumumkan.

Kemudian mereka melaksanakam tracing pasien yang mangkir swab.

"Dari tim desinfeksi melaksanakan upaya penyemprotan pada lokasi tempat kerumunan dan lokasi domisili pasien positif," paparnya.

Selanjutnya, tim isolasi diri melalui karantina rumah, melaksanakan pemantauan kepada pasien pasien  positif COVID-19 yang isolasi di rumah dalam masa penanganan dibawah kendali dan pantauan RS Yowari yaitu wilayah Sentani, Doyo Baru, Yakonde dan Babrongko.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024