Biak (ANTARA) - Babinsa koramil 1708-01/Biak Kota Serka Yulianus Apiem bersama Gerson Kbarek Ketua KSM Rosaina Kelurahan Saramom   melakukan pemantauan pelaksanaan pembuatan jamban warga sebagai stimulus program  jambanisasi Kelurahan Saramom Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Kamis(30/7).

Pengecekan langsung pada kondisi jamban, dengan tujuan agar fasilitas jamban yang akan digunakan warganya  benar-benar sudah  memenuhi standar kelayakan bagi  keluarga  setempat.

Kegiatan ini juga diikuti petugas  Dinas kesehatan  dari Puskemas Biak Kota yang juga mengecek  dari rumah ke rumah untuk memastikan pembangunanya sudah memenuhi persyaratan dan layak untuk di gumakan.  Syarat idealnya di antaranya yakni jarak antara tangki septik dengan sumur kurang lebih 15 meter.

Dengan jarak tersebut maka bakteri yang menyebabkan penyakit TBC, diare dan sejenisnya tidak akan meresap ke dalam sumur sehingga diharapkan agar masyarakat tidak menggunakan air sumur tersebut untuk konsumsi kecuali untuk mencuci.

ikut hadir Kepala Pekerjaan Umum Biak Zacharias Mailoa dan Yan Karubaba petugas Dinas Kesehatan Andy Kbarek Sekretaris. KSM ROSAINA, serta warga kelurahan Saramom.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024