Jayapura (ANTARA) - Dandim 1712/Sarmi   Letkol   Inf    Rizky   Marlon   Silalahi   menerima   penganugerahan   dan   pengalungan   selendang   serpo  sebagai bagian  dari   suku   Sobey,  Armati,  Rumbuay, Manirem   dan   Isirawa    masyarakat  adat  Sarmi   serta   tradisi   makan  pinang  sirih   bersama   di  aula  Makodim  Sarmi,  Rabu.

Pemberian penganugerahan pengalungan symbol selendang serpo ini dimaksudkan sebagai pengukuhan sekaligus pengakuan masyarakat Adat Sarmi  terhadap Dandim 1712/Sarmi yang merupakan pemimpin dalam menjaga kedaulatan dan kemartabatan di wilayah Sarmi. 

Pada sidang  adat Sarmi tentang menjaga kedaulatan dan kemartabatan memiliki arti bersama-sama dalam menjaga tanah air.

Masyarakat Sarmi sesuai dengan peninggalan leluhur dalam rangka menjaga keamanan itu harus bersinergi antara pemimpin dengan masyarakat tanpa kebersamaan dan sinergitas mustahil keamanan dapat terwujud.

Komandan Kodim 1712/Sarmi Letkol Inf Rizky Marlon Silalahi  mengakui, ia  merasa  terharu dan berterima  kasih  karena  telah  dianugerahi pengalungan  selendang  serpo dari masyarakat Adat Sarmi. 

"Saya sampaikan terima kasih yang tulus serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ondoafi, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, serta seluruh masyarakat Sarmi atas kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bertugas memimpin sebagai Komandan Kodim 1712/Sarmi,"ungkapnya.

Dandim 1712/Sarmi Letkol Inf Rizky Marlon Silalahi mengajak warga untuk bersama-sama menjaga keamanan Sarmi.

"Marilah kita jaga keamanan dan keselamatan bangsa khususnya di wilayah Kabupaten Sarmi kita saling bekerja sama dan membantu,“imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sarmi Eduard Fonataba  mengatakan,seluruh rakyat Sarmi berharap dengan penganugerahan pemberian pengalungan symbol selendang Serpo Adat Sarmi ini berkontribusi terhadap upaya memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI, khususnya di Kabupaten Sarmi.

"Masyarakat Kabupaten Sarmi berharap penganugerahan ini sebagai simbol untuk kebersamaan dalam menjaga persatuan dan kedaulatan NKRI,"ujarnya

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024