Timika (ANTARA) - Pasangan  Petahana Bupati-Wakil Bupati Asmat, Elisa Kambu-Thomas Epp Safanpo telah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan, termasuk mengikuti pemeriksaan usap hidung dan tenggorokan (swab test) di RSUD Agats sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai cabup-cawabup Asmat periode 2020-2025.

Dr Modestus La'a selaku Spesialis Patologi Klinik pada RSUD Agats yang dihubungi dari Timika, Sabtu, mengatakan pemeriksaan kesehatan yang diikuti pasangan Kambu-Safanpu dilakukan pada Jumat (4/9).

Sampel darah dari keduanya masing-masing satu tabung serta spesimen nasofaring dan orofaring selanjutnya pada Sabtu siang telah dikirim ke Balai Litbangkes Provinsi Papua di Jayapura untuk diperiksa menggunakan metode PCR.

"Tadi siang sudah dikirim ke Jayapura. Ada pesawat langsung dari Bandara Ewer Asmat membawa sampel spesimen itu ke Jayapura untuk diperiksa lebih lanjut," kata Modestus.

Dia berharap sampel spesimen swab pasangan Kambu-Safanpo segera diperiksa oleh Balai Litbangkes Provinsi Papua di Jayapura.

Thomas Safanpo selaku kandidat Wabup Asmat mengatakan KPU setempat mensyaratkan surat keterangan dari rumah sakit bahwa benar yang bersangkutan sudah melakukan pengambilan sampel usap hidung dan tenggorokan untuk diperiksa.

Surat keterangan dari rumah sakit itulah yang menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap kandidat saat mendaftar di KPU Asmat.

Pasangan Kambu-Safanpo mendapat dukungan 100 persen dari seluruh partai politik yang memiliki keterwakilan kursi di DPRD Asmat.

Terdapat sembilan parpol yang memiliki keterwakilan kursi di DPRD Asmat mendukung pasangan petahana itu yakni PDI-Perjuangan, Golkar, Nasdem, Demokrat, PAN, PSI, PKB, PKS, dan Gerindra. Keduanya bahkan juga mendapat dukungan dari parpol yang tidak memiliki keterwakilan di DPRD Asmat yaitu Hanura dan Perindo.

Sejauh ini kandidat petahana Asmat itu disebut-sebut akan mendapatkan tantangan dari kandidat yang maju dari jalur perseorangan.

Salah satu pasangan dari jalur perseorangan yang telah mendaftar ke KPU Asmat berkasnya dinyatakan belum lengkap.

Sesuai jadwal KPU Asmat, pendaftaran pasangan calon bupati-wakil bupati Asmat periode 2020-2025 dibuka sejak 4 September hingga 6 September 2020.

Adapun kegiatan pesta demokrasi lima tahunan ini akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia pada 9 Desember 2020.


 

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024