Jayapura (ANTARA) -  Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua saat ini menyiagakan 13 petugas khusus untuk pemeriksaan keterangan bebas narkoba dan melakukan test urine bagi bakal pasangan calon  bupati dan wakil bupati peserta pemilihan kepala daerah dari 11 kabupaten. 
 
"Petugas kami sudah disiagakan sejak Senin (7/9) namun baru Selasa (8/9) mereka datang ke BNN Papua guna melakukan pemeriksaan terkait bebas narkoba,"kata Kepala BNN Papua Brigjen Pol Jackson Lapalongan kepada Antara di Jayapura, Rabu petang. 
 
Dijelaskan, dari laporan yang diterima yang sudah dilakukan test urine kepada 20 pasangan yang berasal dari Kabupaten. Supiori, Keerom, Pegunungan Bintang, Merauke, Waropen, Asmat, Yahukimo, Yalimo dan Kabupaten Nabire. 
 
Untuk 15 Pasang lainnya, menurut Brigjen Jackson, dijadwalkan akan melakukan pemeriksaan Kamis (10/9) karena alasan penerbangan sehingga mereka baru tiba di Jayapura. 
 
 "Mudah-mudahan mereka dapat menjalani pemeriksaan sesuai jadwal karena pemeriksaan hanya dijadwalkan berlangsung dua hari, " jelas Jackson. 

Ketika ditanya tentang hasil pemeriksaan terhadap 20 paslon yang sudah diperiksa, Jackson mengaku tidak bisa memberitahukan hasilnya karena belum diserahkan ke KPU dari 11 kabupaten. 

"Hasil pemeriksaan keterangan bebas narkoba baru nantinya akan diserahkan ke KPU masing-masing setelah pemeriksaan rampung dilakukan BNN Papua,"ungkap Jackson Lapalongan. 
 
Berdasarkan data KPU pada Pilkada 2020 ada 11 Kabupaten di Papua yang melaksanakan pilkada yakni Kabupaten Keerom, Merauke, Boven Digul, Yalimo, Pegunungan Bintang, Mamberamo Raya, Nabire, Waropen, Supiori, Asmat dan Kabupaten Yahukimo. 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024