Jayapura (ANTARA) - Brigjen Pol Mathius Fakhiri, Kamis (17/9) dilantik sebagai Waka Polda Papua menggantikan Brigjen Pol Yacobus Marjuki yang bertugas sebagai widyaiswara di Sespim Lemdiklat Polri. 
 
Serah terima jabatan yang dipimpin Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw itu dihadiri sejumlah pejabat dilingkungan Polda Papua di Jayapura. 
 
 Selain serah terima jabatan waka polda juga dilakukan sertijab Irwasda dari Kombes Patrige Renwarin kepada Kombes Alfred Papare, Dirintelkam dari Kombes Alfred Papare kepada Kombes Guntur Agung Supono dan Kabidkum dari Kombes Guntur Supono kepada AKBP Dedy Sumarsono yang sebelumnya menjabat Waka SPN Polda Kalimantan Tengah.
 
 Kemudian sertijab Kapolres Yahukimo dari AKBP Ignatius Benny Ady Prabowo kepada AKBP Deni Herdiana dan Kapolres Mamberamo Tengah dari AKBP Deni Herdiana kepada AKBP Simon Sahureka. 
 
 Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dalam sambutannya mengakui perkembangan kamtibmas semakin meningkat khususnya di wilayah pegunungan seperti yang baru-baru ini terjadi kasus penembakan yang dilakukan KKB di Kabupaten Intan Jaya mengakibatkan dua orang tukang ojek mengalami luka tembak. 
 
 Karena itu diharapka seluruh kapolres senantiasa membangun komunikasi kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan organisasi-organisasi yang ada pada wilayah masing-masing guna peningkatan keamanan menjelang akan dilaksanakannya pemilukada di 11 kabupaten .
 
 Perlu segera dilakukan antisipasi terhadap ancaman kamtibmas yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Yahukimo, kata Waterpauw seraya berharal kapolres yang baru segera adaptasi dan bangun komunikasi secara aktif dengan para tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat.
 
 Selain tantangan tugas diatas, kita juga masih dihadapkan pada pandemi COVID-19 yang jumlah kasusnya terus meningkat, oleh karena itu terus lakukan pendisiplinan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker, harap Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw.
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024