Banda Aceh (ANTARA) - Pengurus Provinsi Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Aceh akan menggelar kejuaraan sebagai ajang evaluasi pembinaan atlet di provinsi ujung barat Indonesia.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Perpani Aceh Nyak Amir di Banda Aceh, Jumat, mengatakan kejuaraan tingkat provinsi tersebut dijadwalkan 19 hingga 22 November mendatang.

"Kejuaraan ini akan diikuti seluruh atlet panahan dari seluruh Aceh. Kami mengajak pengurus Perpani di kabupaten kota mengirimkan atlet mengikuti kejuaraan tersebut," katanya.

Nyak Amir menambahkan kejuaraan tersebut sebagai ajang evaluasi sejauh mana pembinaan atlet panahan di Aceh. Apalagi pembinaan panahan di kabupaten kota di Aceh semakin intensif.

Cabang olahraga panahan, kata dia, dinilai menjadi andalan bagi Aceh untuk meraih medali di PON Papua pada 2021. Pada PON 2016 di Jawa Barat, Aceh meraih satu medali emas, satu perak, dan dua perunggu.

"Kejuaraan ini nantinya akan menjadi ajang uji coba dan pemanasan bagi atlet panahan Aceh yang akan dikirim ke PON Papua tahun depan. Dalam kejuaraan itu, mereka akan memperkuat daerah asal. Ada delapan atlet panahan Aceh lolos PON Papua," kata Nyak Amir menerangkan.

Pria yang juga Sekretaris Jenderal PB Perpani mengatakan kejuaraan panahan tingkat Provinsi Aceh tersebut menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Kejuaraan provinsi ini akan dipusatkan di lapangan panahan kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Undangan serta buku petunjuk teknis kejuaraan sudah dikirim ke pengurus panahan kabupaten kota se Aceh," pungkas Nyak Amir.

Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024