Jayapura (ANTARA) - Bawaslu Papua melakukan tes usap seluruh komisioner guna memastikan tidak ada yang  terjangkit COVID-19 saat menjalankan tugas.
 
"Dijadwalkan Senin ini dilakukan tes usap kepada seluruh anggota Bawaslu Papua di Jayapura," kata komisioner Bawaslu Papua Ronald Manoach di Jayapura, Senin.
 
Diakui, untuk komisioner Bawaslu di 11 kabupaten yang melaksanakan pilkada sudah dilakukan dan mereka dinyatakan negatif corona.
 
Memang tidak semua melakukan tes usap karena ada juga yang hanya melakukan tes cepat dan hasilnya nonreaktif.
 
Pemeriksaan terkait COVID-19 dilingkungan Bawaslu Papua bertujuan memberikan rasa aman kepada anggota mengingat setiap hari bertemu dengan berbagai pihak, kata Ronal seraya mengaku dalam pelaksanaan tahapan pilkada, bawaslu akan tegas agar protokol kesehatan benar-benar diterapkan.
 
"Kita tidak boleh anggap remeh virus corona baru karena dia menyerang seluruh dunia termasuk Papua dan sudah menyebabkan kematian sehingga dalam setiap tahapan pilkada di 11 kabupaten agar dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan," tegas Ronald Manoach.
 
Secara komulatif kasus konfirmasi positif COVID-19 di Papua hingga Minggu (20/9) tercatat 5.046 orang, 3.594 orang sembuh, 1.376 orang dirawat di sejumlah rumah sakit dan isolasi mandiri serta 76 orang meninggal dunia.
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024