Wamena (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Resor Kabupaten Jayawijaya, Papua siap membantu mewujudkan kelancaran Pilkada serentak Kabupaten Yalimo dengan menciptakan situasi keamanan di daerah setempat.

Kapolres Jayawijaya AKBP Dominggus Rumaropen di Wamena, Kamis, mengatakan rata-rata kepengurusan kebutuhan Pilkada Yalimo disuplai melalui Kabupaten Jayawijaya.

"Pilkada memang di Yalimo tetapi untuk akses dan lain sebagainya, seperti kepengurusan itu kan di Jayawijaya, jadi untuk mendukung Pilkada Yalimo, kita juga pastikan Wamena harus kondusif Aman di sini, memberikan kelancaran bagi pilkada yang berlangsung di sana," katanya.

Kapolres mengatakan pada pilkada, pilgub dan pilpres beberapa tahun lalu, rata-rata logistik untuk wilayah pegunungan, misalnya untuk Yalimo disuplai melalui Bandara Sentani ke Bandara Wamena di Kabupaten Jayawijaya lalu dilanjutkan ke Yalimo.

"Apa saja aktivitas pilkada yang berhubungan dengan kebutuhan segala macam, logistik itu semua geser dari Jayawijaya," katanya.

Dua kabupaten di wilayah pegunungan Papua yang menggelar pilkada serentak tahun 2020 adalah Yalimo dan Yahukimo. Namun untuk Yahukimo, biasanya pendistribusian logistik langsung dilakukan dari Bandara Sentani di Jayapura menuju Kabupaten Yahukimo.

Sementara untuk Yalimo, biasanya melalui Bandara Wamena di Kabupaten Jayawijaya.

KPU Yalimo telah menetapkan dua pasangan sebagai calon peserta pilkada. Dua pasangan yang terdaftar itu adalah Bupati Yalimo bersama calon wakil dan Wakil Bupati bersama calon Wakil.
 

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024