Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya menyatakan penerima manfaat Bantuan Sosial Tunai (BST) yang terdampak COVID-19 di wilayahnya tercatat 7.764 keluarga.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lanny Jaya Lateran Yigibalom di Jayapura, Jumat, mengatakan sejumlah dana telah dikucurkan ke kampung-kampung, sebelumnya tahap pertama lalu tahap kedua dan ke depan masih ada tahap ketiga pada November 2020.

"Semua ini harus digunakan dengan baik," katanya.

Menurut Lateran, pemerintah berkomitmen terus membantu masyarakat di tengah pandemi COVID-19 kini sehingga diminta masyarakat tidak perlu khawatir.

Senada dengan Lateran Yigibalom, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lanny Jaya Usman Yikwa mengatakan dana BST COVID-19 pada 2020 bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi di wilayahnya.

"Khusus untuk Lanny Jaya penerima manfaat BST karena terdampak COVID-19 sebelumnya 1.010 keluarga, kini sudah bertambah menjadi 7.774 keluarga dan ini terbanyak di Kabupaten Pegunungan Papua," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap dana yang diserahkan kepada masyarakat dapat digunakan dengan sebaik-baiknya yakni membantu perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Jayawijaya Gad Munwo mengatakan mekanisme pembayaran tidak lepas dari anggaran awal yang tahap pertama, kedua dan ketiga yang telah terjadi penambahan.

"Yang kami ambil sesuai nama dan NIK yang diambil dan ada tahap empat, lima dan enam jadi tahap enam itu terimanya Rp900 ribu dan sedangkan tahap empat dan lima yang pengusulan baru 6.764 itu terimanya Rp300 ribu," katanya.

Dia menambahkan pihaknya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya melalui Dinas Sosial setempat yang sudah bekerja keras untuk memasukkan pengusulan penerima bantuan BST bagi masyarakat penerima bantuan yang akhirnya disetujui dan akhirnya dapat disalurkan.

Penyaluran BST dilakukan di halaman Kantor Bupati Lanny Jaya pada Kamis (1/10) yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom diwakili Plt Sekda Lanny Jaya Lateran Yigibalom kepada Dinas Sosial Lanny Jaya Usman Yikwa dan disaksikan oleh Kepala Kantor Pos Jayawijaya Gad Munwo.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024