Sentani,Jayapura (ANTARA) - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Jayapura Khairul Lie menyatakan hingga saat ini 139 pasien positif COVID-19 di Kabupaten Jayapura masih menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Upaya yang dilakukan pemerintah mencegah penularan COVID-19, di antaranya melakukan tracing bagi kontak erat dengan pasien konfirmasi positif virus corona serta melakukan wawancara pasien untuk tracing kontak erat,"kata Jubir Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Jayapura Khairul Lie melalui Humas COVID-19 Pemkab setempat, Sabtu.

Khairul mengatakan pihaknya juga telah melakukan pendampingan terhadap 139 pasien positif COVID-19 di Kabupaten Jayapura yang menjalani isolasi mandiri.

"Kegiatan lain yang kami lakukan, yakni melaksanakan koordinasi dengan rumah sakit terkait pasien-pasien di Kabupaten Jayapura dan beberapa yang akan dilaporkan selesai isolasi," ucapnya.

Khairul mengatakan Satgas COVID-19 terus melakukan upaya pencegahan di tingkat distrik dengan melakukan promosi kesehatan melalui kegiatan rutin oleh Puskesmas yang ada di tingkat distrik.

"Pengobatan bagi pasien yang positif virus corona menjadi bagian upaya pencegahan di masa adaptasi kebiasaan baru. Pencegahan terbaik adalah menggunakan masker dengan benar, jaga jarak saat beraktivitas, cuci tangan pakai sabun, serta pastikan pasien mengikuti isolasi dengan benar agar tidak menginfeksi orang lain, terutama kelompok risiko," tuturnya.

Khairul berharap masyarakat di Kabupaten Jayapura tetap mematuhi anjuran penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di masyarakat.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024