Wamena (ANTARA) - Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal memerintahkan kasubang humas dan staf Polres se-pegunungan tengah Papua lebih aktif menyosialisasikan kegiatan kepolisian kepada masyarakat umum.

"Kalau kegiatan kepolisian tidak kita sosialisasikan kepada masyarakat, tentu masyarakat tidak tahu apa yang polisi lakukan. Padahal banyak hal yang rekan-rekan kami di lapangan sudah lakukan. Ini yang perlu dilakukan oleh rekan-rekan di seluruh polres jajaran," katanya.

Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal saat memberikan materi kepada personel di Aula Yan Bernard Reba di Wamena, menginstruksikan staf humas memanfaatkan media sosial, media massa untuk menyosialisasikan kegiatan polisi.

"Peranan insan pers juga sangat penting bagi keberadaan kepolisian. Bagaimana kegiatan itu bisa diketahui oleh khalayak umum kalau rekan-rekan wartawan dan insan pers tidak dilibatkan. Peranan pers ini sangat penting bagi kepolisian," katanya.

Pada pertemuan yang menghadirkan Kasubag Humas bersama anggotanya, serta Kabag OPS, Intel dan Binmas dari Polres Jayawijaya, Polres Lanny Jaya, Polres Tolikara dan Mamberamo Tengah, Kombes Pol Kamal mengingatkan mereka terkait tidak semua informasi kepolisian mesti disampaikan kepada publik.

Ia mengatakan beberapa informasi yang dikecualikan, harus melalui prosedur uji konsekuensi sebelum disampaikan atau diberikan untuk menjadi konsumsi umum.

"Contoh, ketika rekan-rekan atau lembaga meminta suatu data, contoh berapa jumlah senjata di satuan, di mana gudang senjata, pelurunya apa saja, ini bisa dikecualikan oleh satuan kerja sehingga nantinya ketika itu disampaikan kepada pemohon bahwa informasi ini tidak bisa kami berikan karena ini sudah kami kecualikan," katanya.

Sosialisasi tentang kehumasan yang dilakukan di Mapolres Jayawijaya ini merupakan rangkaian kegiatan penyambutan HUT Polri Ke-69 pada 30 Oktober mendatang.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024