Ternate (ANTARA) - Polda Maluku Utara (Malut) membantah adanya foto dan pemberitaan menyebutkan Calon Bupati (Cabup) Usman Sidik bersama dan Kapolda baru Irjen Pol Risyapudin Nursin foto bersama merupakan foto lama.

"Foto yang beredar saat Cabup Halsel Usman Sidik bersama Kapolda Malut, Irhen Pol Risyapudin tersebut merupakan foto lama saat beliau masih menjabat sebagai Kakorbinmas Baharkam Polri pada Februari 2020 yang lalu," kata Kabidhumas Polda Malut AKBP Adip Rodjikan di Ternate, Jumat.

Kabidhumas Polda Malut menyatakan benar adanya informasi pada 18 November 2020 telah beredar foto calon Bupati Kabupaten Halmahera Selatan atas nama Hi Usman Sidik bersama Irjen Pol. Risyapudin Nursin, S.Ik yang saat ini menjabat sebagai Kapolda Malut.

Dia menjelaskan bahwa foto tersebut diambil saat setelah pelaksanaan serah terima Jabatan Kakorbinmas Baharkam Polri dan dipublish kembali pada 18 November 2020 melalui Grup Whatsapp

"Pengurus Besar Ikatan Keluarga Besar (PB IKB) Waigintang yang dikirim oleh Yusuf yang merupakan rekan dari Usman Sidik yang diketahui foto tersebut diambil dari akun Usman Sidik," ujarnya.

Dia mengimbau kepada rekan-rekan media sebelum memuat sebuah berita harus dipastikan kebenarannya serta menerapkan prinsip cover both side, sehingga berita dapat lebih dipertanggungjawabkan dan tidak sensasional atau bahkan sampai menciptakan opini negatif yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas di Malut, khususnya jelang pelaksanaan Pilkada 2020.

Kabidhumas menambahkan netralitas merupakan harga mati bagi Polri, hal tersebut dengan tegas disampaikan Kapolri Jenderal Polisi Drs Idham Azis, M.Si saat pimpin pelaksanaan Serah terima jabatan delapan Kapolda lalu.

"Untuk personel Polri dan Polda Maluku Utara dengan tegas menyatakan netralitas dalam pengamanan pilkada merupakan harga mati," ujarnya.

Pewarta : Abdul Fatah
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024