Asiki, Boven Digoel (ANTARA) - Prajurit Satgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY melakukan aksi sosial melayani pengobatan kesehatan secara gratis keliling untuk warga di Distrik Waropko wilayah perbatasan RI-Papua Nugini.

"Pelayanan kesehatan keliling dilakukan tim kesehatan Pos Ninati Distrik Waropko," ungkap Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin dalam keterangan tertulis diterima ANTARA dari Kampung Asiki Kabupaten Boven Digoel, Papua, Jumat.

Dansatgas Mengatakan, kegiatan pemberian pelayanan kesehatan secara berkeliling ke kampung-kampung merupakan wujud kepedulian Satgas TNI terhadap kesehatan warga perbatasan RI-PNG.

Selama ini warga di perbatasan, lanjutnya, kurang mendapatkan perhatian dikerenakan minimnya tenaga kesehatan yang terbatas dan faktor keamanan yang kurang menjamin.

"Harapan kita bersama semoga kedepannya seluruh warga negara Indonesia mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai khususnya warga negara yang berada di perbatasan RI-PNG," ungkapnya.

Kegiatan pelayanan kesehatan keliling dilakukan pos Satgas Yonif Mekanis 516/CY di Kampung Ninati dipimpin Danpos Letda Inf Suhaiyanto.

"Kegiatan ini merupakan keprihatian kami melihat banyaknya warga perbatasan yang masih kurang mendapat pelayanan kesehatan sehingga para anggota pos mempunyai inisiatif untuk mengadakan pengobatan keliling kampung dan mendatangi mereka yang bekerja di ladang," ungkapnya.

"Tidak hanya naluri bertempur saja yang di miliki seorang prajurit tetapi jiwa kemanusian mereka tumbuh ketika melihat rakyat mengalami kesusahan dan memberikan solusi yang terbaik bagi rakyat," ujar Dansatgas.

Kelemes salah satu warga yang mendapat pelayanan pengobatan gratis Satgas Yonif Mekanis 516/CY sangat senang sekali karena dapat memeriksa kesehatan masyarakat secara gratis.

"Pelayanan pengobatan dilakukan bapak TNI untuk warga disini sangat menyentuh kebutuhan masyarakat, ya kami bangga dengan prajurit TNI di perbatasan," ujarnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024