Jayapura (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Papua dan Papua Barat siap mendukung pelayanan PD Irian Bhakti dalam mendistribusikan beras bagi masyarakat di wilayah pedalaman Bumi Cenderawasih.

Kepala Bidang Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Kanwil Papua-Papua Barat Mohammad Yusri Muin di Jayapura, Jumat, mengatakan jadi pihaknya lebih bersifat menyediakan beras dan PD Irian Bhakti yang akan mendistribusikan kepada masyarakat, khususnya wilayah pedalaman.

"Sebenarnya tidak hanya dengan PD Irian Bhakti, dengan mitra manapun kami siap menyediakan beras untuk disalurkan kepada masyarakat," katanya.

Menurut Yusri, beras yang disalurkan kepada masyarakat di pedalaman Papua ini biasanya sudah disubsidi oleh pemerintah daerah dan tinggal didistribusikan.

"Lalu, biasanya pihak yang mendistribusikan merupakan pemenang lelang atau tender yang dibuat pemerintah daerah misalnya melalui PD Irian Bhakti," ujarnya.

Dia menjelaskan tidak ada masalah pada dasarnya karena pembiayaannya semua sudah dari pemerintah daerah dan Bulog yang menyediakan atau menyiapkan berdasarkan surat perintah kerja yang masuk atau diterima.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengharapkan jajaran direksi PD Irian Bhakti yang baru dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat di wilayahnya khususnya dalam pendistribusian beras.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Doren Wakerkwa mengatakan sebagai salah satu badan usaha milik daerah (BUMD), PD Irian Bhakti harus dapat bekerja sama dengan instansi terkait sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat diberikan secara baik dan maksimal.

"Direksi yang baru harus membuat perbandingan, kinerja yang lama kekurangan dan kendalanya di mana lalu kini diperbaiki serta dilengkapi sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat dapat terpenuhi," katanya.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024