Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 11.225 pelanggan di Provinsi Papua dan Papua Barat telah mengunduh aplikasi "New PLN Mobile" sebagai solusi untuk mendapatkan pelayanan listrik serta pengaduan yang lebih mudah.

General Manajer PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Abdul Farid di Jayapura, Rabu, mengatakan jumlah pelanggan pada kedua wilayah kini telah mencapai 714.047.

"Kami masih terus mengenalkan 'New PLN Mobile' kepada masyarakat, di mana aplikasi ini merupakan solusi kemudahan bagi pelanggan dalam mendapatkan layanan, apalagi di tengah pandemi seperti saat ini," katanya.

Menurut Farid, aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna seperti pembayaran tagihan listrik dan pembelian token, perubahan daya, pengaduan dan keluhan, baca meter mandiri, notifikasi pembayaran rekening serta informasi lainnya di mana pelanggan dapat mengunduhnya melalui Google Playstore dan Appstore di gawai masing-masing.

"Bagi pelanggan yang sudah mengunduh aplikasi New PLN Mobile, dapat mendaftarkan hingga empat ID Pelanggan pada satu akun, selain itu, satu ID Pelanggan juga dapat diakses dengan beberapa akun di mana fitur ini mempermudah pelanggan yang memiliki lebih dari satu ID Pelanggan namun hanya ingin menggunakan satu aplikasi saja," ujarnya.

Dia menjelaskan penggunaan aplikasi ini cukup mudah, setelah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, pelanggan dapat mendaftarkan akun dengan mengisi beberapa data pribadi sesuai kolom yang tertera untuk dapat masuk dan menikmati fitur-fitur yang tersedia, selain dengan pendaftaran akun, proses masuk juga dapat dilakukan melalui akun google atau akun email aktif yang dimiliki pelanggan.

"Akun New PLN Mobile yang telah terverifikasi dapat memberikan informasi riwayat penggunaan listrik maupun jumlah pembelian token dalam beberapa bulan terakhir, hal ini diharapkan dapat membantu pelanggan untuk memantau dan memastikan pemakaian listrik bulanan," katanya lagi.

Dia menambahkan dengan berbagai kemudahan pelayanan yang ada, PLN terus berusaha untuk mengembangkan aplikasi "New PLN Mobile" agar lebih maksimal dan sesuai kebutuhan pelanggan, layanan notifikasi terkait pemadaman dan pemeliharaan yang kini baru bisa diakses di wilayah Jawa, Madura dan Bali diharapkan nantinya dapat segera dinikmati oleh seluruh pelanggan di Indonesia.

"Kami berharap seluruh pelanggan dapat merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini, kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kami kepada pelanggan," ujarnya lagi.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024