Timika (ANTARA) - Waka Polda Papua Brigadir Jenderal Polisi Eko Rudi Sudarto mengapresiasi ketekunan Lenius Jikwa, seorang peternak babi orang asli Papua di Distrik Kwamki Narama, Mimika dalam menggeluti usaha peternakannya.

Saat mengunjungi peternakan babi milik Lenius Jikwa di Kwamki Narama, Mimika, Sabtu, Brigjen Eko Rudi menuturkan, beberapa tahun lalu Lenius mendapatkan bantuan sepasang babi dari dirinya saat menjadi pelopor penggerak Binmas Noken Mabes Polri.

Namun berkat ketekunan Lenius dan rekan-rekannya, kini kelompok peternak itu sudah memiliki 47 ekor ternak babi. Bahkan beberapa diantaranya sudah dijual untuk membiayai kuliah putra-putri Lenius di bangku Perguruan Tinggi.

"Ini di luar Imajinasi saya. Dulu saya hanya membagikan satu pasang saja, tapi sekarang sudah berkembang menjadi 40-an ekor. Tentu ini atas hasil kerja keras bapak-mama sekalian," kata Brigjen Eko Rudi.

Brigjen Eko Rudi sendiri baru lebih dari dua pekan menjabat Waka Polda Papua menggantikan Irjen Mathius D Fakhiri yang kini menjabat Kapolda Papua.

Ia tidak pernah menyangka bahwa para petani dan peternak yang dulu sering disambanginya saat masih aktif terlibat dalam kegiatan Binmas Noken Polri, kini banyak yang sudah berhasil dan mandiri.

Selain di Mimika, Satgas Binmas Noken Polri juga terlibat dalam banyak kegiatan pemberdayaan masyarakat lokal Papua di bidang budidaya pertanian, peternakan, perikanan air tawar di sejumlah kabupaten pegunungan Papua.

"Bapak-mama sekaligus memberikan kita semua pelajaran berharga bahwa apa yang dilakukan dengan kerja keras dengan ketulusan dengan kecintaan ternyata menghasilkan sesuatu yang luar biasa," ujar Brigjen Eko Rudi.

Ia  berharap program Binmas Noken Polri memberi manfaat bagi masyarakat asli Papua dalam meningkatkan taraf hidup dan perekonomian keluarga mereka, bahkan terus ditingkatkan agar semakin banyak generasi muda Papua yang produktif.

Lenius mengisahkan bahwa dari hasil usaha peternakan babi tersebut dirinya bisa menyekolahkan putra-putrinya hingga bangku Perguruan Tinggi.

"Saya bisa kuliahkan anak-anak saya dengan usaha beternak babi. Terima kasih kepada Binmas Noken Polri yang sudah membantu kami," kata Lenius.

Sebagai ungkapan syukur atas berkat yang dia terima, Lenius menyumbangkan lima ekor ternak babinya kepada pihak gereja setempat.

 

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024