Boven Digoel (ANTARA) - Panglima Komando Militer XVII/Cendrawasih Ignatius Yogo Triyono menutup secara resmi Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-110 di Distrik Kawagit, Kabupaten Boven Digoel, Rabu.

Pangdam Mayjen Ignatius Yogo Triyono mengatakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menetapkan visi pemerintah yaitu Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong dengan misi yang digelar Nawacita II.

"Dalam upaya mewujudkan visi dan nisi pembangunan nasional TNI berkewajiban untuk mendukung tercapainya sasaran strategis dan prioritas nasional sesuai dengan fungsinya," ungkap Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono melalui laman daerah saat menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-110 tahun anggaran 2021 di Distrik Kawagit Kabupaten Boven Digoel, Rabu.

Pangdam menegaskan TNI juga berkewajiban untuk menjaga stabilitas keamanan nasional dalam rangka menjamin pembangunan nasional, salah satunya program dan kegiatan yang dilaksanakan TNI dalam bidang teritorial tahun 2021 adalah TMMD yang berpedoman kepada "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri".

Tepat pada Rabu 31 Maret 2021 ini, menurut Pangdam, kegiatan TMMD ke-110 di bawah Satgas Kodim 1702/Jayawijaya dan Kodim 1711/Boven Digoel telah diselesaikan dengan baik.

Ia menyebutkan sasaran fisik kegiatan itu berupa pembangunan delapan unit rumah layak huni untuk di Kabupaten Boven Digoel serta satu unit barak masyarakat dan dua unit rumah tipe 36 untuk TMMD di Kabupaten Jayawijaya.

"Juga sasaran non fisik TMMD di antaranya penyuluhan bela negara, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, bahaya stunting pada anak, peran posbindu, wawasan kebangsaan, pendidikan, pertanian/bahan pangan, keagamaan, bahaya terorisme, penerimaan prajurit TNI, kesehatan, peternakan dan penyuluhan posyandu.

Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen Ignatius Yogo Triyono menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan Pemerintah Kabupaten Boven Digoel yang telah mendukung anggaran kegiatan TMMD ke-110.

Ia juga memberi apresiasi kepada jajaran Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan seluruh masyarakat yang telah memberikan dukungan dan kerjasamanya sehingga TMMD ke-110 berjalan lancar sesuai dengan jadwal kegiatan.

"Kepada seluruh personil yang tergabung dalam satuan tugas TMMD ke-110, karena dengan semangat dan dedikasi yang tinggi telah bekerja keras sehingga sasaran dapat tercapai saya ucapkan selamat dan terima kasih," ujarnya.

Pangdam berharap,apa yang telah dibangun ini dijaga dan dipelihara dengan baik sehingga dapat bertahan lama dan bermanfaat bagi masyarakat.


 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024