Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 50 jurnalis di Kota Jayapura, Papua, telah menuntaskan vaksinasi COVID-19 dosis kedua yang dilaksanakan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Kotaraja.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Papua dr. Aaron Rumainum di Jayapura, Jumat, mengatakan pihaknya mengapresiasi semangat para jurnalis untuk divaksin COVID-19.

"Apalagi mengingat ada rekan jurnalis yang meninggal karena COVID-19 ternyata tidak membuat takut sesama jurnalis untuk divaksin," katanya.

Menurut dr. Aaron, awalnya pihaknya memperoleh data nama-nama jurnalis dari Dinas Kominfo Provinsi Papua yang mau divaksin, setelah divaksinasi, akhirnya banyak jurnalis lainnya menyusul divaksin.

"Kami sangat salut rekan jurnalis tidak hanya berani meliput selama pandemi COVID, namun juga berani untuk divaksin," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada jurnalis yang sudah menyelesaikan dosis vaksinnya secara lengkap sehingga dapat memberikan contoh baik bagi masyarakat.

Senada dengan dr. Aaron Rumainum, Praktisi Media di Papua Victor Mambor mengatakan peran media adalah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat sehingga jurnalis itu sendiri harus yakin terlebih dahulu bahwa COVID itu riil dan vaksin itu diperlukan.

"Jika tidak informasi yang hendak disampaikan kepada masyarakat akan tanggung atau setengah-setengah," katanya.

Dia menambahkam untuk itu media dan jurnalis juga harus lebih pro aktif bertukar informasi dan membangun diskusi agar komunikasi berjalan baik dan apa yang dibutuhkan masyarakat dapat terpenuhi dari apa yang disampaikan oleh media.
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024