Jayapura (ANTARA) - Maskapai penerbangan Lions Groups mulai Kamis (6/5) menghentikan sementara penerbangan dari Bandara Sentani akibat dikeluarkannya larangan mudik Lebaran.

 
"Penghentian sementara layanan penerbangan itu berlangsung hingga 17 Mei mendatang," kata Kepala Operational Lions Groups Bandara Sentani Suprihatin di Jayapura, Rabu (5/5).

 
Dijelaskan, tidak beroperasinya penerbangan memang disebabkan adanya larangan mudik dan pembatasan bepergian dalam rangka menyambut lebaran Idul Fitri 1442 H yang diperkuat dengan edaran Gubernur Papua.

 
"Hari ini, Rabu (5/5) merupakan penerbangan terakhir dari Bandara Sentani, " kata Suprihatin.


Setiap hari Lions Groups mengoperasikan lima armada pesawat dari dan ke Bandara Sentani Jayapura, dua diantaranya yaitu maskapai Batik Air.

 
Ketika ditanya tentang lonjakan penumpang, Suprihatin mengaku seminggu ini pesawat yang mengangkut penumpang dari Bandara Sentani penuh terus.
"Penumpang tujuan berbagai kota di luar Papua penuh terus," kata Suprihatin.

 
Untuk penerbangan seputaran Papua, Lions Group mengoperasikan pesawat Wings Air tujuan Sentani-Wamena, Sentani-Dekai dan Sentani-Nabire.
Secara terpisah Kepala PT Pelni Jayapura Harianto Sembiring mengaku kapal milik PT Pelni tidak mengangkut penumpang.

 
"Tidak Ada penjualan tiket, namun bagi masyarakat yang akan bepergian sesuai ketentuan dan surat edaran dari Gubernur Papua," kata Sembiring.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024