Jayapura (ANTARA) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Penerbangan Waibu  Kabupaten Jayapura menyambut baik program peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi guru dan siswa di tempatnya yang dilakukan Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua.

Kepala SMKN 5 Penerbangan Waibu Budi Irianto kepada Antara di Jayapura, Senin, mengatakan kemampuan berbahasa Inggris ini sangat penting karena dapat membantu siswa melanjutkan ke jenjang selanjutnya setelah belajar yakni bekerja.

"Misalnya di teknik penerbangan, rata-rata dan sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris yang sangat mendetail," katanya.

Menurut Budi, jika guru atau instruktur bisa berbahasa Inggris dengan baik maka dapat mendidik siswa secara maksimal juga.

"Apalagi jika pembelajaran di sekolah dibuat menyenangkan maka dapat meningkatkan keinginan siswa untuk belajar lebih giat," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua menunjuk 11 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayahnya menjadi proyek percontohan dalam peningkatan skill atau kemampuan bagi guru dan siswa berbahasa Inggris.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait mengatakan guna meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris ini, pihaknya menjalin kerja sama dengan Yayasan Konatinainio (Tangata Language House) yang dikelola Orang Asli Papua (OAP).

"Kini kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan di dunia industri maupun usaha, karena itu, penting sekali program ini dilaksanakan bagi para guru di SMK," katanya.

Christian menambahkan melalui program ini, pihaknya berharap ke depan SMK tidak hanya melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki skill tinggi di bidang-bidang tertentu, tetapi juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni.

Ke-11 sekolah yang dijadikan proyek percontohan oleh Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua yakni SMKN 1 Pariwisata Kota Jayapura, SMKN 2 Bismen Kota Jayapura, SMKN 3 Teknologi dan Rekayasa Kota Jayapura, SMKN 4 Agrobisnis dan Agroteknologi Kota Jayapura, SMKN 5 Seni dan Industri Kota Jayapura, SMKN 9 Energi dan Pertambangan Kota Jayapura, SMKS Ampari Kota Jayapura, SMKS YPK Kotaraja, SMKN 1 Sentani, SMKS YPKP Sentani dan SMKN 5 Waibu Kabupaten Jayapura.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024