Pontianak (ANTARA) - Perum LKBN ANTARA Biro Kalimantan Barat bersama Pemerintah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, sepakat meningkatkan kerja sama penyebarluasan informasi pembangunan kepada masyarakat.

"Alhamdulillah, selama ini, Pemkab Sintang dan Perum LKBN ANTARA sudah menjalankan kerja sama dengan baik di sektor pemberitaan dan ini akan terus kita tingkatkan. Hari ini, kita berterima kasih kepada Bupati Sintang, Bapak Jarot Winarno yang telah menerima kita hari ini," kata Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Kalimantan Barat Teguh Imam Wibowo di Sintang, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa ANTARA sebagai Kantor Berita Negara ingin terus menggali potensi daerah untuk disebarluaskan melalui berbagai saluran distribusi informasi yang ada.

Mulai dari portal, foto, infografis, audio visual, penayangan di TV Robot yang tersebar di seluruh kementerian, bandara, stasiun maupun tempat-tempat layanan publik lain yang dikelola anak perusahaan ANTARA, PT Indonesia Market Quote (IMQ).

"Jadi, ANTARA tidak sekedar membuat dan menyiarkan informasi, namun juga menyebarluaskan hingga diketahui secara luas baik di tingkat nasional maupun internasional," ujar dia.

Ia juga menawarkan beberapa bentuk kerja sama lain yang bisa dilakukan bersama Pemkab Sintang, termasuk penguatan administrasi pemerintah desa melalui aplikasi Nusantara.

"Melalui aplikasi ini, masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan di tingkat desa, tidak perlu lagi harus menunggu lama dan datang ke kantor desa yang notabenenya jauh dari rumah masyarakat. Mereka tinggal mengisi formulir yang disediakan melalui aplikasi sambil membaca berita ANTARA yang tampil di aplikasi tersebut," tuturnya.

"Mudah-mudahan keberadaan ANTARA bisa memberikan kontribusi untuk berbagai program yang ada Sintang dan kabupaten lainnya," kata Teguh.

Di tempat yang sama, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan, pihaknya juga menyambut baik kerja sama yang telah dilakukan bersama ANTARA selama ini. Dirinya juga berharap ada peningkatan kerja sama nantinya.

"Kami berharap ANTARA juga bisa semakin banyak membuat pemberitaan positif, terutama terkait COVID-19 agar masyarakat benar-benar memahami bahayanya dan capaian target vaksinasi kita bisa tercapai," kata Jarot.

Selain itu, lanjut dia, potensi daerah di Kabupaten Sintang yang luar biasa mulai dari keindahan hingga kekayaan alam semakin dikenal masyarakat luar.

"Sehingga, masyarakat luar ingin berkunjung ke Kabupaten Sintang, akses juga semakin mudah dengan adanya bandara. Pagi minum kopi di Jakarta, sarapan pagi di Pontianak, makan siang dan makan durian di Bukit Kelam Sintang. Besoknya sudah kembali lagi ke Jakarta," kata Jarot lagi.

Pewarta : Rendra Oxtora
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024