Mimika (ANTARA) - Prajurit TNI Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Pamrahwan) Yonif 315/Garuda Pos Tsinga dipimpin Letda Inf Heru Prasetyo melaksanakan pelayanan kesehatan bagi warga asli Papua di daerah terpencil Kampung Jongkogoma Tsinga Kabupaten Mimika Papua,Selasa (13/7).

Danpos Tsinga Satgas Pamrahwan Yonif 315/Garuda Letda Inf Heru Prasetyo dalam keterangan diterima ANTARA, mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini merupakan murni kerja dari hati nurani personel Satgas TNI Yonif 315/Grd.

Diakuinya, kehadiran satgas TNI untuk membantu dan melayani dari segala bidang selain bidang keamanan agar tetap kondusif khususnya bidang kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat yang berada di wilayah Tsinga yang mana posisinya jauh di pedalaman dan pegunungan.

"Saya dan anggota lain beserta petugas kesehatan Puskesmas Pembantu Kampung Beanekogom berangkat menuju Kampung Jongkogoma memberikan pengobatan kepada warga yang kurang mampu,"jelas Danpos.

Tujuan kegiatan ini antara lain, menurut Letda Heru, untuk membantu warga yang sedang mengalami sakit agar dapat segera diobati, dan membantu masyarakat memberikan pengobatan secara gratis sehingga kita personel Satgas Yonif 315/Garuda datang untuk memberi pengobatan dan meringankan beban masyarakat.

Di tempat terpisah, Dansatgas Yonif 315/Garuda Letkol Inf Suryanto mengatakan, personel Satgas selain bertugas melaksanakan pengamanan daerah rawan juga melaksanakan tugas-tugas lain diantaranya membantu kesulitan warga sebagai perwujudan dari kegiatan pembinaan teritorial seperti halnya pelayanan kesehatan.

"Kegiatan ini  sebagai wujud terciptanya hubungan emosional antara anggota Satgas Yonif 315/Grd dengan warga masyarakat Papua yg berada di wilayah posnya,"kata Dansatgas.

Kehadiran Satgas Yonif 315/Gardua Pos Tsinga mendapatkan respon yang positif dari warga. Bapak

Tokoh agama Gereja GKI Kingmi Jemaat Emaut Kampung Jongkogoma gembala Yopi mengucapkan terima kasih kepada Satgas atas pelayanan kesehatan di kampung ini.

"Selama ini Bapak TNI selalu hadir dan aktif dalam setiap kegiatan di kampung ini, terimakasih banyak atas segala bantuannya, semoga Tuhan Yang Maha Esa membalaskan kebaikan Bapak sekalian,"ungkap Gembala Yopi.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024