Wamena (ANTARA) - Penerima bantuan sosial (Bansos) di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua bertambah menjadi 12.500 orang/KK penerima manfaat pada tahap ke tiga.

Kepala Pos Indonesia Wamena La Oli di Wamena, Rabu, mengatakan, sebelumnya jumlah penerima manfaat Bansos tidak sebanyak pada tahap tiga.

"Tahap dua bulan April, Mei dan Juni itu datanya 12.290 dan tahap tiga bertambah lagi 12.500 sekian," katanya.

Sebelumnya, Posindo Wamena menerima data penerima bantuan pemerintah sebanyak 25.501, tetapi setelah diverifikasi ulang data ternyata hanya 12.290 yang menerima.

Sebanyak 13.211 warga tidak terdaftar sebab datanya ganda dan pemerintah sedang melakukan verifikasi ulang data, sehingga jumlah penerima yang hanya 12.290 kini bertambah menjadi 12.500.

"Dari pertemuan dengan pemerintah setempat, pengurangan data penerima, katanya karena NIK ganda. Jadi misalnya satu NIK dipakai 10 orang sehingga dalam sistem aplikasi Dukcapil terbaca satu," katanya.

Ia memastikan Posindo tetap membayarkan atau menyalurkan bantuan sesuai data yang diterima dari pemerintah, sehingga jika ada warga yang tidak masuk data maka tidak bisa dibayarkan.

"Contoh kalau data yang kami terima itu ada 100, itulah yang kami bayar karena kami tugasnya hanya membayar. Terkait data itu hubungannya dengan Dinas Sosial dan Dukcapil," katanya.


Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024