Jayapura (ANTARA) -
Perusahaan teknologi Tokopedia menyebut warga di Papua saat ini bisa menikmati fitur Pembayaran Penerimaan Negara, yang memungkinkan masyarakat bisa membayar pajak dan penerimaan negara, mulai dari PBB, SBN, Pajak Online, Bea Cukai, PNBP dan pembayaran lain langsung melalui warung.
 
Head of New Retail Tokopedia Karina Susilo dalam pertemuan virtual di Jayapura, Kamis, mengatakan menyambut Hari UMKM, Tokopedia melalui Mitra Tokopedia terus fokus mengakselerasi adopsi platform digital bagi para pegiat usaha tradisional, termasuk pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenisnya, bahkan di tengah pandemi. 
 
"Selama hampir tiga tahun, Mitra Tokopedia telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia," katanya.
 
Menurut Karina, para pegiat usaha tradisional dapat mengembangkan usaha bahkan di tengah pandemi melalui sederet fitur di Mitra Tokopedia, antara lain fitur Grosir, fitur Penjualan Produk Digital hingga fitur Catat Hutang, yang dapat membantu pemilik warung mengatur pembukuan secara digital.
 
"Jika dilihat dari kuartal dua pada 2021 dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, Tokopedia melihat banyak daerah yang mengalami peningkatan pembeli paling signifikan, dan salah satunya adalah di Papua," ujarnya.
 
Dia menjelaskan jumlah penambahan kota dan kabupaten yang telah dijangkau Mitra Tokopedia meningkat lebih dari 2x lipat dibandingkan dua tahun belakangan, bahkan kini Mitra Tokopedia sudah menjangkau Purwokerto, Jember, Medan Barat, Tegal hingga Banjarmasin.
 
Sementara itu, Patria Ismalinda yang bergabung sebagai Mitra Digital di Papua sejak 2021 mengatakan kemudahan membeli produk digital melalui Mitra Tokopedia mendatangkan lebih banyak pelanggan. 
 
"Omzet warung saya meningkat hampir dua kali lipat, apalagi di masa pandemi, pulsa dan paket data telah menjadi salah satu kebutuhan untuk bekerja serta sekolah dari rumah," katanya.
 
Dia menambahkan dirinya berharap seluruh profesi di Indonesia, termasuk pemilik warung, dapat berevolusi menjadi perusahaan teknologi lewat ekosistem Mitra Tokopedia sehingga bisa selalu relevan dengan perkembangan zaman.
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024