Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyiapkan sarana media informasi luar ruangan dalam bentuk digital atau videotron di Kabupaten Nabire.

Kepala Diskominfo Provinsi Papua Jeri A. Yudianto di Jayapura, Minggu, mengatakan penyediaan videotron tahun anggaran 2021 ini ditempatkan di Halaman Kantor Bupati Nabire dan merupakan unit yang ke delapan pada masa kepemimpinan Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Perangkat tersebut diharapkan pula ikut mengekspose gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX maupun Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua, di samping menunjang sarana publikasi di wilayah pemerintahan tersebut," katanya.

Menurut Jeri, pada intinya diharapkan sarana videotron ini, bisa ikut mempublikasi pelaksanaan PON dan Peparnas bagi warga Nabire, yang tidak berkesempatan hadir di lokasi tempat perhelatan akbar kegiatan olahraga tersebut.

"Progres pekerjaan penyiapan sarana media informasi luar ruang tersebut sudah mencapai 60 persen, khusus di tahapan konstruksi, sementara untuk LED screen, tengah dalam proses pengiriman dari Jakarta ke Nabire," ujarnya.

Dia menjelaskan sehingga jika tak ada halangan pada awal Oktober 2021, perangkat videotron ini diyakini sudah bisa berfungsi, di mana selain menengok kondisi fisik pekerjaan, pihaknya juga menyempatkan diri memberi advokasi kepada instansi kominfo setempat, terkait ruang kontrol perangkat maupun penggunaan ideal atau standar ruang distribution bandwith atau layanan internet yang telah ada.

"Sehingga diharapkan saat pengoperasiannya, bisa memaksimalkan pelayanan e-government di Pemda Nabire," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nabire Suwandi, mengatakan pihaknya mengapresiasi kebijakan Pemprov Papua yang telah menyiapkan pelayanan informasi luar ruang, di kantor bupati setempat.

"Kami segera merespon dengan menyiapkan sumber daya manusia yang dibutuhkan guna mendukung pengoperasian videotron tersebut," katanya.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024