Timika (ANTARA) - Pihak perusahaan PT Pangan Sari Utama (PSU)  dipercayakan PB PON XX Papua untuk menyediakan kebutuhan makanan atau konsumsi para atlet yang akan berlaga dalam ajang pesta olahraga empat tahunan itu di sub Klaster Jayapura dan sub Klaster Kabupaten Mimika, 2-15 Oktober 2021.

Penandatanganan nota kesepahaman antara PT PSU dengan PB PON XX Papua Sub Klaster Kabupaten Mimika terkait kegiatan pengadaan jasa konsumsi selama PON XX berlangsung dilakukan pada Jumat malam bertempat di Hotel Grand Mozza Timika disaksikan Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng mengatakan jajarannya mempercayakan penyediaan jasa konsumsi atlet, oficial dan sumber daya pendukung PON XX Papua di Sub Klaster Kabupaten Mimika lantaran perusahaan itu sudah terbukti mampu menangani konsumsi 30 ribu karyawan PT Freeport Indonesia dan berbagai perusahaan subkontraktornya selama 53 tahun beroperasi di wilayah Tembagapura, Mimika.

"Kami tidak bisa menunjuk perusahaan yang lain untuk menangani konsumsi atlet yang akan datang ke Timika dalam jumlah ribuan orang. Pilihannya hanya PT Pangan Sari Utama karena sudah puluhan tahun tangani konsumsi 30 ribu karyawan Freeport. Saya yakin Pangan Sari Utama mampu menangani konsumsi selama PON XX berlangsung," kata Omaleng.

Omaleng menegaskan bahwa persoalan konsumsi bisa menjadi masalah jika tidak tertangani secara profesional.

"Soal makanan ini penting sekali. Kalau salah-salah, bisa-bisa orang sakit perut. Kalau sudah seperti itu, pasti kita sebagai tuan rumah akan dicap jelek. Makanya ini harus kita jaga betul," pinta Omaleng.

Selain menangani jasa konsumsi para atlet yang akan berlaga di Timika, PT PSU juga menangani konsumsi bagi para atlet, oficial dari berbagai daerah yang akan berlaga dalam ajang PON XX Papua di Sub Klaster Jayapura (Kabupaten dan Kota Jayapura).

Direktur PT PSU Mahfud Lassa mengatakan pihaknya menyediakan makanan untuk konsumsi 135.000 orang di Mimika per hari, sementara di Jayapura akan disediakan makanan untuk konsumsi 193.000 orang per hari.

Mahfud menjamin perusahaannya akan menyajikan makanan sehat yang mengandung nutrisi, kalori dan protein sesuai dengan standar yang ditetapkan PB PON XX Papua.

"Kami akan memberikan layanan terbaik agar para atlet bisa memiliki semangat tinggi untuk meraih juara. Makanan yang akan kami sajikan benar-benar yang terbaik, yang berkualitas, yang sehat untuk para atlet kitsa," ujarnya.

Setiap hari, katanya, para atlet, oficial, sumber daya pendukung maupun para penonton yang akan menyaksikan ajang PON XX Papua di Timika dan Jayapura akan disuguhkan lima kali makanan yaitu tiga kali makanan utama pada pagi, siang dan malam serta dua kali snack sebelum makan siang dan pada sore hari.

 

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024