Jayapura (ANTARA) - Sekitar 800 pelajar dari berbagai SMP dan SMA di Kota Jayapura menjalani penyuntikan vaksin dosis pertama di KRI dr. Soeharso-990, yang berlabuh di Jayapura sejak Minggu (12/9).

Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Feryanto P. Marpaung di Jayapura, Senin mengatakan tujuan kedatangan KRI dr. Soeharso-990 ke daerah itu untuk mendukung suksesnya PON XX Papua yang akan berlangsung beberapa hari ke depan.

"Tujuan utama kedatangan KRI dr. Soeharso-990 ke Jayapura ini, selain untuk menyukseskan pelaksanaan PON XX Papua juga karena warga yang sudah tervaksin di Jayapura masih 53 persen, sedangkan target sebelum PON masyarakat yang sudah harus tervaksin harus sebanyak 70 persen," katanya.

Menurut Marpaung, selama kurang lebih satu pekan ke depan, TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan IPDN melaksanakan kegiatan Gebyar Vaksin COVID-19 sehingga target 70 persen masyarakat seputaran Kota Jayapura sudah tervaksin sebelum pelaksanaan PON XX Papua.

"Setelah divaksin dan menjalani proses observasi, para pelajar tersebut dapat naik ke kapal rumah sakit milik TNI AL itu," ujarnya.

Dia menjelaskan selain bisa berfoto di geladak kapal, para pelajar juga diberikan pengetahuan tentang fungsi-fungsi peralatan di kapal yang dijelaskan oleh ABK di anjungan kapal tersebut.

Satgas Vaksinasi TNI AL mengerahkan seluruh tim juru vaksinnya pada kegiatan serbuan vaksin yang bertajuk "Gebyar Vaksinasi COVID-19 TNI AL bersama IPDN guna menyukseskan PON XX Papua" itu.

Tidak hanya satgas dari TNI AL yang mengikuti kegiatan serbuan vaksinasi kali ini, namun juga dari Kesehatan Komando Daerah Militer (Kesdam) XVII/Cendrawasih, Biddokes Polda Papua dan Dinkes Kota Jayapura yang menerjunkan tim juru vaksinnya untuk mendukung kegiatan serbuan vaksinasi tersebut.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024