Jayapura (ANTARA) - Ketua Harian PB PON Papua satu dari sejumlah pejabat Papua yang paling sibuk bekerja melaksanakan berbagai  tahapan penyelenggaraan perhelatan Pekan Olahraga Nasional PON XX Papua karena ingin eventnasional ini harus sukses dengan baik dan lancar sesuai agenda pemerintah.

"Semua tahapan PON XX Papua sejak awal perencanaan hingga pelaksanaan sampai sekarang masih berjalan dengan normal berdasarkan agenda jadwal program PB PON,"ungkap Ketua PB PON Papua Yunus Wonda menanggapi pelaksanaan PON XX Papua.

Meski PON Papua dibuka resmi 2 Oktober 2021, menurut Yunus Wonda, namun PB PON Papua sudah menerima kontingen secara resmi sejak  19 September 2021 yang langsung di bawah tanggungjawab PB PON Papua.

Tuan rumah PON XX di Papua bagi Yunus Wonda sebagai satu kepercayaan penuh pemerintah pusat yang harus diwujudnyatakan dengan keberhasilan dan kesuksesan bagi masyarakat Papua.

Semua fasilitas dan infrastruktur PON XX Papua, lanjut Yunus Wonda, secara keseluruhan sudah difungsikan. Bahkan, sudah ada sejumlah cabang olahraga PON Papua sudah memulai pertandingan mengawali sebelum pembukaan.

"Cabang olahraga yang sudah memulai pertandingan sofbol dan bisbol serta beberapa cabor ekshibisi PON XX,"ungkap Yunus Wonda yang keseharian menjabat Wakil Ketua DPRP Papua.

Bagi PB PON Papua, menurut Yunus Wonda, semua jadwal pertandingan yang sudah tersusun dapat berlangsung lancar serta menghasilkan prestasi juara atlet olahraga nasional di PON XX Papua.

Wonda mengajak,  semua masyarakat di tanah Papua harus bangga menjadi tuan rumah penyelenggara PON XX yang diikuti ribuan atlet nasional terbaik se tanah air.

Adapun persoalan sepele yang masih terdapat kekurangan dalam penyelenggaraan PON XX Papua, lanjut Wonda, harus menjadi bahan evaluasi dan masukan sehingga dapat diperbaiki untuk menjadi lebih baik.

Wonda mengingatkan, jangan sampai karena hanya satu kekurangan kecil saja diperbesarkan sehingga dapat memberikan kesan kurang baik kepada panitia penyelenggara PON XX dan pemerintah daerah.

"Ya jajaran PB PON Papua bersama Pemerintah Provinsi Papua dan KONI Papua terus berkomitmen menjadi tuan rumah yang sukses, karena itu butuh kebersamaan dan dukungan masyarakat di tanah Papua dalam menyelenggarakan hajatan besar PON XX Papua,"ungkap Yunus Wonda  menjawab ANTARA seusai menghadiri kunjungan Menkominfo Johnny G Plate di Jayapura.

Selaku panitia pelaksana yang diberikan amanah PB PON Papua, menurut Yunus Wonda, jajarannya akan bekerja dengan baik sehingga gelaran PON XX di tanah Papua bisa sukses.

Diakui Yunus Wonda, adanya kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat Papua sebagai tuan rumah PON XX harus kita buktikan dengan baik sesuai slogan  torang bisa.

"Mari kita mendukung pemerintah daerah dan PB PON Papua untuk melayani ribuan atlet terbaik yang akan  berlomba di tanah Papua pada PON XX 2-15 Oktober 2021,"harap pria yang lahir di Mulia 31 Mei 1976.

Semakin mendekati hari 'H' pembukaan PON XX Papua 2 Oktober 2021 dijadwalkan dibuka langsung Presiden Joko Widodo di stadion Lukas Enembe Kampung Harapan Sentani Kabupaten Jayapura.

Padatnya jadwal pembukaan PON Papua sangar menambah kesibukan ketua harian PB PON Papua Yunus Wonda karena terus berkoordinasi dengan semua panitia untuk suksesnya acara pembukaan.

Selain melakukan koordinasi dengan pihak istana Presiden dan KONI Pusat, Kementerian Pemuda Olahraga serta Gubernur  Provinsi Papua Lukas Enembe untuk memastikan kesiapan pembukaan PON XX Papua akan berlangsung dengan meriah serta disambut dengan suka cita masyarakat di tanah Papua.

"Torang Bisa! harus menjadi komitmen bersama bekerja untuk kesuksesan dan keberhasilan PON XX di tanah Papua."ungkap Ketua harian PB PON Papua Yunus Wonda.

Semarak PON Papua

Semarak PON XX Papua di kalangan warga di empat klaster penyelenggara sangat ramai dengan berbagai acara  gebyar PON Papua dilakukan sub PB PON Papua klaster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kabupaten Mimika.

Berbagai pentas seni dan panggung hiburan serta beragam acara digelar sub PB PON Papua dalam rangka melibatkan masyarakat bersama untuk menyukseskan PON XX Papua.

Bagi masyarakat Papua ajang tuan rumah PON XX merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan besar karena  diberikan kepercayaan pemerintah menyelenggarakan pergelaran event nasional olahraga Indonesia.

Untuk pertandingan 37 cabang olahraga PON XX Papua 2-15 Oktober 2021 akan berlangsung di empat klaster penyelenggara di antaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura,Merauke dan Kabupaten Mimika.

"PB PON Papua pastikan empat klaster penyelenggara PON XX sudah siap mengelar pertandingan olahraga terbesar nasional di Indonesia,"ungkap Ketua Harian PB Yunus Wonda.

Gebyar PON XX Papua di Kota Jayapura lebih semarak lagi karena melibatkan 3.300 relawan serta menyiapkan 430 kendaraan untuk melayani kebutuhan atlet, official dan perangkat pertandingan wasit/juri dan tehnical delegate.

Bahkan pada acara penyambutan kirap api PON XX di Kota Jayapura 1 Oktober 2021 akan melibatkan pemimpin organisasi masyarakat nusantara serta 14 ondoafi (kepala suku) dari 14 kampung di kota Jayapura.

Gebyar PON XX Papua juga dilakukan sub PB PON Papua klaster Kabupaten Jayapura di pantai Khalkote Kabupaten Jayapura dengan berbagai kegiatan hiburan pentas seni budaya dan hiburan.

Bahkan, di klaster Merauke gebyar PON XX Papua disambut warga dengan ragam acara maupun konvoi kendaraan sebagai kebersamaan masyarakat mendukung penyelenggaraan PON XX klaster Merauke.

Kesemarakan PON XX Papua juga terlihat dengan berbagai baliho, bendera cabang olahraga, banner dan ucapan selamat sukses penyelenggaraan dari masyarakat menjadi bukti semangat warga Papua untuk menyukseskan PON XX Papua. Torang Bisa!.





 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024