Jayapura (ANTARA) - Satgas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Merauke mengaku pasien COVID-19 di Merauke enggan menjalani perawatan  isolasi terpadu terapung (Isoter)  di kapal KM. Sirimau. 

"Memang benar pasien COVID-19 di Merauke enggan menjalani perawatan di isoter terapung KM Sirimau termasuk atlet, official dan panitia pelaksana PON XX yang positif,"kata Jubir SGPP COVID-19 Merauke dr. Neville Maskita kepada Antara, Selasa. 

Diakui, keengganan mereka untuk menjalani perawatan di KM Sirimau karena tidak merasa nyaman sehingga minta dipindahkan. 

Karena itulah Pemda Merauke sejak Rabu (6/10) dipindahkan ke hotel Akad, yang saat ini menangani pasien peserta PON XX. 

Sedangkan warga Merauke yang positif sebagian besar memilih melakukan karantina mandiri, kata dr Neville seraya menambahkan, khusus untuk pasien peserta PON XX rata-rata tanpa gejala atau gejala ringan. 

Para peserta PON XX juga sudah divaksin sehingga diharapkan dapat membantu mempercepat proses penyembuhan, harap dr. Neville Maskita. 

Sementara itu data dari SGPP COVID-19 Papua terungkap, kasus COVID-19 di empat cluster PON XX tercatat 93 orang yang tersebar di Kota Jayapura 26 orang, Mimika 16 orang, Merauke 33 orang dan Kab. Jayapura 18 orang. 

Dari 93 orang tercatat yang sembuh sebanyak 29 orang. 
 
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024