Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meminta warga di wilayahnya senantiasa meningkatkan penerapan disiplin protokol kesehatan guna mengantisipasi adanya gelombang ketiga pandemi COVId-19 usai menghadapi libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.
 
Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Muhammad Musaad di Jayapura, Selasa, mengatakan untuk itu pihaknya akan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri. 
 
"Meski Papua tidak memenuhi indikator penerapan PPKM level tiga, namun kami akan tetap menjalankan instruksi tersebut," katanya.
 
Menurut Musaad, untuk level tiga sendiri memiliki indikator, yakni rumah ibadah, acara, pusat perbelanjaan, pasar dan tempat kerumunan lainnya hanya berkapasitas 50 persen saja, tentu dengan memperketat protokol kesehatan.
 
"Ini bukan satu hal yang baru dilakukan, sehingga penegasan saja ke kabupaten dan kota untuk menerapkan instruksi tersebut," ujarnya.
 
Dia menjelaskan karena ini Instruksi Mendagri, semua harus tunduk dan patuh melaksanakannya sebagai bagian dari pencegahan. 
 
"Jadi saya kira, untuk hal kebaikan, diharapkan semua masyarakat patuh terhadap anjuran yang sudah dikeluarkan, baik pemerintah pusat dan pemerintah provinsi," katanya lagi.
 
Dia menambahkan pihaknya juga mengimbau kepada rumah sakit untuk siap, khususnya RS rujukan COVID-19, mulai dari sisi fasilitas yang sudah dibangun.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024