Jayapura (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) Mathea Mamoyou berharap dengan dilantiknya Fientje Suebu sebagai Duta Besar Indonesia untuk Selandia dapat meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta terhadap Indonesia, khususnya pelajar dan mahasiswa asal Papua.

"Rangkul mereka semua dan selalu tumbuhkan rasa cinta dan bagian dari Indonesia," harap Mathea Mamoyou kepada Antara, di Jayapura, Rabu.

Mathea mengatakan kehadiran Fientje Suebu sebagai dubes di Selandia Baru yang juga "mama Papua" dapat merangkul mahasiswa dan pelajar asal Papua agar mereka menyadari kehadirannya di negara itu untuk menuntut ilmu dan tetap menjadi bagian dari Bangsa Indonesia asal Papua.

Penunjukan dan dilantiknya Fientje Suebu merupakan kepercayaan yang besar yang diberikan kepada Papua, apalagi Selandia Baru merupakan salah satu negara besar yang bertetangga dengan Indonesia.

"Banyak harapan kepada ibu Suebu sebagai dubes termasuk menyuarakan tentang Indonesia di negara tersebut sehingga negara tersebut lebih memahami keanekaragaman suku di Indonesia dan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah memberikan kepercayaan kepada Papua khususnya perempuan Papua, " kata politisi asal PDIP.

Anggota Komisi IV DPRP yang berasal dari daerah pemilihan iii juga berharap Dubes Suebu dapat membuka peluang usaha, khususnya bagi petani kopi dengan memperkenalkan kopi asal Papua.

"Mudah-mudahan kopi asal Papua bisa masuk dan dipasarkan di Selandia Baru, " harap Mathea Mamoyou.

Sementara itu aktifis perempuan Papua Sofia Maipauw Kilmanum secara terpisah menyampaikan rasa bangga atas kepercayaan dan tanggung dari negara yang diembankan ke pundak Fientje Suebu yang dilantik sebagai Dubes Selandia Baru.

Sebagai perempuan kami berharap dari pengalamannya Dubes Fientje Suebu dapat memberi kontribusi penting bagi negara sesuai tupoksinya.

"Dengan diberikannya kepercayaan tersebut diharapkan mendorong kerja sama dalam bidang ekonomi maupun pariwisata, serta dapat memberikan manfaat langsung kepada kaum perempuan di Indonesia, " harap Popy panggilan akrab Sofia.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024