Jayapura (ANTARA) - PT Pertamina kembali menghadirkan produk  menghasilkan bahan bakar ramah lingkungan Pertamina Dex untuk kendaraan jenis diesel.

Unit Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Regional Papua-Maluku Edi Mangun di Jayapura, Senin, mengatakan melalui Pertamina Dex pihaknya berkomitmen untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan melalui penjualan produk berkualitas.

"Dengan Pertamina Dex, pembakaran jadi lebih sempurna sehingga menghasilkan suara mesin yang jauh lebih halus sekaligus kinerja mesin yang lebih bertenaga karena angka Cetane Number sebesar 53," katanya.

Menurut Edi, mesin kendaraan tidak akan lagi terganggu dengan suara mesin diesel yang berisik serta getaran mesin yang membuat tidak nyaman ketika berkendara.

"Pertamina Dex merupakan bahan bakar diesel dengan Cetane Number tertinggi yaitu 53 jika dibandingkan dengan produk Gasoil lainnya seperti Solar (Cetane Number 48) maupun Dexlite (Cetane Number 51)," ujarnya.

Dia menjelaskan Cetane Numberlah yang menjadi tolak ukur level bahan bakar di dalam mesin diesel, semakin besar angkanya semakin baik pula kualitas pembakarannya, kemudian dari tingkat sulfur, Pertamina Dex memiliki angka sulfur terendah dibanding dengan Solar maupun Dexlite.

"Jika solar mengandung sulfur maksimal 2.500 part per million (ppm) dan Dexlite maksimal 1.200 ppm, Pertamina Dex memiliki kandungan sulfur maksimal hanya 300 ppm," katanya.

Dia menambahkan sehingga menjaga mesin tidak mudah rusak karena sulfur dapat memicu kadar asam pada mesin diesel yang berlebih sehingga mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin mulai dari saluran bahan bakar hingga munculnya kerak pada mesin.

"Dengan angka cetane number yang tinggi dan kandungan sulphur yang rendah, Pertamina Dex menjaga mesin dan meningkatkan power mesin secara maksimal, juga yang tidak kalah penting Pertamina Dex merupakan bahan bakar ramah lingkungan dengan standar EURO 3," ujarnya lagi.

Pertamina Dex akan dijual kepada masyarakat dalam bentuk kemasan jerigen lima liter dengan harga Rp56.750 per jerigen atau Rp11.350 per liter di empat SPBU di Kota Jayapura yaitu SPBU 84.99102 APO, SPBU 84.99103 Entrop, SPBU 84.99107 dan SPBU 83.99101 Padang Bulan.


Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024