Jayapura (ANTARA) - Logistik pemungutan suara ulang (PSU) Yalimo dijadwalkan mulai didistribusikan pada Sabtu (22/1) ke 31 titik yang tersebar di lima distrik.

Komisioner KPU Papua Melkianus Kambu kepada Antara, Kamis, mengakui proses penyortiran dan lipatan surat suara serta logistik lainnya sudah dilaksanakan di Elelim, ibukota Kabupaten Yalimo.

Ke-31 titik yang menjadi lokasi pendistribusian logistik separuh lebih dijangkau melalui darat dan hanya 14 titik yang melalui udara, yakni Distrik Apalapsili enam titik, Distrik Benawa lima titik dan Distrik Abenaho tiga titik.

"Secara keseluruhan logistik siap didistribusikan ke kampung-kampung melalui 31 titik sehingga diharapkan pelaksanaan PSU Rabu (26/1) berjalan lancar, " harap Kambu.

Melkianus Kambu menambahkan, PSU Yalimo diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati yakni paslon 01Lakius Peyon-Nahum Mabel dan paslon 02 yaitu Nahor Nekwek-John Wilil.

Jumlah pemilih tercatat 90.948 orang yang akan memilih di 327 TPS, jelas Kambu.

Sebelumnya Mahkamah Konstitusi dalam putusan Nomor 145/PHP.BUP-XIX/2021 tertanggal 29 Juni 2021 mendiskualifikasi calon Bupati Yalimo Erdi Dabi.

Dalam amar putusan tersebut, pasangan calon bupati Er Dabi yakni calon wakil bupati John W. Will tidak didiskualifikasi sehingga diberi peluang untuk maju dengan pasangan barunya di PSU mendatang yang saat ini berpasangan dengan Nahor Nekwek.

PSU yang akan dilaksanakan Rabu (26/1) merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan tanggal 5 Mei 2021 diikuti pasangan calon bupati dan wakil bupati Erdi Dabi-John Will dan Lakius Peyon-Nahum Mabel.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024