Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) siap berkolaborasi membangkitkan berbagai kegiatan di bidang kepemudaan dan olahraga.

Hal itu ditandai dengan peluncuran Kharisma Event Nasional (KEN) 2022 yang diinisiasi Menparekraf Sandiaga Uno.

KEN merupakan wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh daerah di Indonesia yang bertujuan membangkitkan geliat industri Tanah Air sekaligus mendukung ambisi Indonesia untuk bisa menjadi destinasi event di Asian Tenggara.

KEN 2022 juga merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event dengan tujuan mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, serta memberikan dampak positif ekonomi nasional, sosial dan budaya, salah satunya lewat kegiatan olahraga.

“Kharisma Event Nusantara ada 110 event tadi yang sudah diluncurkan oleh Menteri Pariwisata…Tentu tidak terlepas di sana ada event-event olahraga nasional, baik itu kita melaksanakan sendiri maupun kita menjadi tuan rumah dari event dunia tahun 2022, salah satunya ASEAN Para Games 2022,” kata Zainudin dalam siaran pers Kemenpora, Rabu.

Sementara itu, Sandiaga menilai bahwa olahraga memiliki potensi besar, salah satunya dalam meningkatkan pariwisata Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya akan secara terpisah mendukung kegiatan Kemenpora melalui program strategis yang dibangun antara kedua kementerian itu.

Ia juga memastikan akan mendukung dan berkolaborasi dengan Kemenpora dalam melaksanakan event-event olahraga, baik tingkat nasional maupun internasional, termasuk ASEAN Para Games yang akan digelar pada Juli nanti.

“Kemenparekraf tahun 2022 akan terus berupaya untuk mendukung event lain di luar KEN 2022. Kami akan mendukung program olahraga bersama Pak Menpora, tidak terkurasi bersama KEN, tetapi dapat bekerja sama dengan baik dengan Kemenpora," ujarnya.

“Kami juga akan berusaha terus dan mendukung serta akan memberi semangat kepada event-event unggulan baik itu olahraga pariwisata dan budaya di Indonesia, dengan mengedepankan prokes sebagai tanda kebangkitan kita semua," tambah Sandiaga.
 


Pewarta : Shofi Ayudiana
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024