Jayapura (ANTARA) - Maskapai penerbangan Trigana mulai Senin ini, kembali mengoperasikan pesawat Boeing 737-500 untuk rute Sentani di Kabupaten Jayapura - Wamena Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Terakhir pesawat Boeing 737-500 yang mengangkut 120 penumpang beroperasi di tahun 2018 lalu dan kemudian ditarik untuk melayani kota-kota di Pulau Jawa sehingga pelayanannya diganti pesawat ATR-42, kata Manager Stasion Trigana Wamena Michael Biduri kepada Antara di Jayapura, Senin.
 
Dalam keterangannya melalui telepon, Michael mengatakan penerbangan Sentani-Wamena menggunakan pesawat Boeing 737-500 ditempuh sekitar 25 menit dan akan beroperasi empat kali sehari tergantung cuaca.
 
Pengoperasian pesawat Boeing 737-500 itu mengingat rute Sentani-Wamena memang ramai apalagi saat ini masyarakat khususnya yang sudah mendapat vaksin ketiga sudah bisa bepergian tanpa harus melakukan tes COVID-19.
 
Untuk rute Sentani-Wamena, Trigana selain mengoperasikan pesawat penumpang juga ada kargo yang menggunakan pesawat Boeing 737-300 sebanyak empat pesawat.
 
Empat pesawat kargo Boeing 737-300 milik Trigana itu tiga diantaranya melayani rute Sentani-Wamena sedangkan yang satu melayani rute Timika-Wamena.
 
Tiket Sentani-Wamena sebesar Rp 935.000/orang dan mendapat free bagasi 20 kg, jelas Michael.
 
Sementara itu Humas Bandara Sentani Surya Eka secara terpisah mengaku rute Sentani-Wamena dilayani dua maskapai yakni Trigana dan WingsAir.
 
"Rata-rata penerbangan Sentani-Wamena dilayani empat kali sehari namun itu tergantung cuaca, " jelas Surya Eka.
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024