Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor memberikan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan workshop teater setempat sebagai media untuk pengembangan pendidikan dan penguatan perempuan Orang Asli Papua (OAP).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Biak Numfor Markus Mansnembra di Biak, Senin, mengatakan melalui workshop teater diharapkan para perempuan juga dapat menyalurkan minat bakatnya dalam mengekspresikan berbagai persoalan lingkungannya.

"Kami mengajak, peserta workshop perempuan Biak dapat membuka diri dan memberikan ide-ide baru dalam kegiatan sehingga menjadi sarana informasi kepada pemerintah dan masyarakat," katanya.
 
Menurut Markus, perempuan Biak juga dapat melakukan inovasi dalam program pemberdayaan perempuan.yang digagas Orchide Papua teater dan organisasi LKPP Nur Jakarta.

"Melalui permainan teater akan meningkatkan kemampuan perempuan Papua dalam berkomunikasi dengan masyarakat serta dapat menyikapi beragam masalah di lingkungannya," ujarnya.

Dia menjelaskan dukungan Pemkab Biak Numfor dalam kegiatan teater perempuan ini, telah dikolaborasikan dengan Orchide serta LKPP Nur Jakarta serta Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana.

"Kembangkan potensi talenta bagi perempuan orang asli Papua melalui kegiatan workshop teater," katanya lagi.

Dia menambahkan sementara itu, Koordinator Orchide Papua Agustina Kbarek mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Biak Numfor karena telah mendukung kegiatan workshop teater bagi perempuan orang asli Papua.

"Kegiatan workshop teater merupakan yang kedua diselenggarakan di Biak Numfor, wadah ini menjadi sarana mengembangkan talenta bermain teater bagi perempuan Papua," katanya.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024